Harga Bawang Putih Meningkat Tajam

SERANG – Adanya pandemi virus corona membuat harga bawang putih di pasaran melonjak tajam. Setelah sempat normal beberapa waktu lalu, kini harga bawang putih naik kembali dari semula Rp 40 ribu menjadi Rp 60 ribu.

“Ada kenaikan Rp 20 ribu dalam satu hari itu. Harga sembilan bahan pokok (sembako) lainnya pun sama. seperti telor, rogol askip atau bawang merah tanpa daun, gula pasir, dan udang basah,” ujar Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Serang, Abdul Wahid, Kamis (26/3/2020).

Ia menuturkan, terjadinya kenaikan harga sembako tersebut, karena pasokan yang terus berkurang terutama untuk bawang putih dan gula pasir. “Bawang putih kita hampir 90 persen impor dari China. Sedangkan untuk gula pasir diimpor dari China dan India. Sekarang harga gula pasir Rp 18.000 per kilogram, kalau harga normalnya kan Rp 12.000 sampai Rp 13.000 per kilogram,” ungkapnya.

Wahid mengaku telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten terkait dengan kenaikan sejumlah sembako ini. “Sebelumnya, kami sudah merencanakan Operasi Pasar (OP) dengan Kementerian Pertanian, tapi enggak jadi karena memang tidak boleh ada kerumunan massa,” terangnya.(jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.