Belasan Rumah di Kota Serang Terendam Banjir

SERANG – Belasan rumah di Kota Serang terendam banjir setinggi 50 sampai 60 centimeter. Tepatnya di lingkungan Sidomuncul RT 004 RW 020 Kelurahan Cimuncang, Kecamatan Serang, Kota Serang.

Ini disebabkan curah hujan tinggi yang mengguyur Kota Serang selama kurang lebih dua jam pada Minggu (5/4/2020).

Kepala pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Serang, Diat Hermawan membenarkan hal tersebut. Kata dia, berdasarkan laporan anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Serang, banjir diakibatkan curah hujan yang tinggi dan kondisi drainase yang sempit serta dipenuhi tumpukan sampah.

“Tumpukan sampah itu menyebakan penyumbatan dan penyempitan drainase. Sehingga terjadilah banjir di lingkungan tersebut,” ujar Diat.

Hanya saja, banjir tidak berlangsung lama. Surut dalam beberapa jam saja. “Rumah yang terendam banjir sebanyak 12, kemudian 25 kepala keluarga (KK) atau 70 jiwa yang terdampak. Kejadian mulai pukul 11:40 WIB dan pukul 13:40 WIB sudah berangsur surut, jadi tidak lama,” katanya.

Ia juga menjelaskan, bila penanganan terkait drainase merupakan kewenangan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Serang.(net/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.