Pemkot Serang Tambah Anggaran untuk Penanganan Covid-19

SERANG,jejakbanten.com  – Penyebaran virus corona yang semakin masif di Provinsi Banten, membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Serang menambah anggaran untuk penanganan covid-19.

Dari dana Rp 15,04 miliar kini menjadi Rp 41,186 miliar. Ada penambahan sebesar Rp 26,142 miliar.

Penambahan tersebut, juga sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang disampaikan pada Jumat (3/4/2020) secara daring.

Wakil Walikota Serang, Subadri Ushuludin, membenarkannya. “Kami hanya mengikuti intruksi saja terkait refocusing dalam upaya mensukseskan penanganan penyebaran virus corona,” papar Subadri.

Selain anggaran untuk virus corona, Pemkot Serang juga menambah slot Dinas Kesehatan Rp 1,8 miliar. Dari Rp 15,044 miliar kini jadi Rp 16,844 miliar.

Sedangkan untuk uang pengendalian dampak ekonomi, Pemkot Serang telah mengalokasikan Rp 9,132 miliar. Dana tersebut akan digunakan untuk memberikan stimulus kepada para pedagang dan pengrajin yang terdaftar pada Disperdaginkop UKM Kota Serang.

Setiap pedagang dan pengrajin akan diberikan stimulus sebesar Rp 500 ribu untuk kembali membuka usaha pasca-pandemi berakhir. Lalu menyiapkan untuk stok beras sebanyak Rp 2,013 miliar.

Guna jaring pengaman sosial, melalui Dinsos Kota Serang akan memberikan bantuan kepada 25 ribu warga pra-sejahtera baru selama tiga bulan. Setiap bulannya, pemkot akan memberikan bantuan sebesar Rp 200 ribu kepada setiap warga baik berupa sembako maupun uang tunai. Pemkot pun akan memberikan Rp 210 juta untuk Buffer Stock Bencana.(net/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.