Pattiro dan Yappika Salurkan Ribuan Masker

SERANG,jejakbanten.com – Melalui program ERR, Pattiro Banten, Pattiro Serang kerjasama dengan Yappika actionaid menyalurkan bantuan ribuan masker ke warga desa di wilayah Kabupaten Serang dan Pandeglang, Rabu (29/4/2020).

Di Kabupaten Serang sedikitnya ada empat desa yang menjadi sasaran penyaluran bantuan masker yakni di daerah Kecamatan Cinangka yaitu Desa Pasauran dan Umbul Tanjung, Kecamatan Cikeusal Desa Bantar Panjang serta Kecamatan Tirtayasa Desa  Susukan.

Sedangkan di Kabupaten Pandeglang yaitu daerah Kecamatan Sumur yakni Desa Tamanjaya dan Sumberjaya. Hanya saja untuk di daerah Pandeglang bantuan masker diberikan dalam bentuk bahan dan proses pembuatan dilakukan secara mandiri. Khususnya warga yang terdampak tsunami 2018 yang kini tinggal di hunian sementara (huntara).

Selain ribuan masker, melalui program ERR, bantuan juga diberikan berupa tempat cuci tangan serta handsanitizer.

Program Manajer (PM) program ERR, Bahrul Alam mengatakan, bantuan tersebut diberikan bagian dari upaya bersama antara lembaga dan komunitas masyarakat dampingan dalam memutus rantai covid-19 di desa.

“Desa yang mendapatkan bantuan ini merupakan desa yang menjadi daerah dampingan dan di dalamnya sudah terbentuk komunitas yang bergerak dibidang kebencanaan, termasuk soal Covid-19,” katanya.

Direktur Pattiro Banten, Angga Andrias berharap, pemerintah lebih responsif untuk segera melakukan jaring pengaman sosial di masyarakat. Sebab menurutnya pendataan dan pengamanan di sektor tersebut masih lemah.

“Kemudian bisa memanfaatkan kanal pengaduan yang sudah dibangun oleh pemerintah daerah untuk menyisir masyarakat yang belum terdata dan rentan terdampak,” ucapnya.(jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.