Pemkot Serang: Rp 5,1 Miliar untuk UMKM Terdampak Covid-19

SERANG,jejakbanten.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang mengalokasikan anggaran sebesar Rp 5,1 miliar untuk bantuan stimulus bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terkena dampak virus corona atau Covid-19.

Bantuan tersebut rencananya akan diberikan ketika virus corona berakhir, untuk modal awal usaha mereka.

Kepala Dinas Perdagangan Industri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperdaginkop UKM) Kota Serang, Yoyo Wicahyono mengatakan, pihaknya telah memulai melakukan pendataan, khususnya bagi usaha mikro yang terdampak Covid-19.

“Kemudian tidak hanya pedagang, tapi perajin juga didata untuk bantuan ini,” ujar Yoyo kepada wartawan, kemarin.

Ia menyebutkan, kuota yang disiapkan sebanyak 10.238 pelaku usaha yang terdampak se-Kota Serang. “Untuk besaran bantuan Rp 500 ribu per sasaran. Tapi dibagikannya nanti setelah pandemi corona berakhir, pada tahap pemulihan atau recovery. Kalau dibagikan sekarang, kondisi seperti ini tidak bisa jalan, nanti habis jadi konsumsi,” sebut dia.

Yoyo menjelaskan, bantuan tersebut diperuntukkan khusus permodalan usaha, khususnya pedagang kecil. Seperti tukang cilok, gorengan, kue, dan jajanan anak sekolah, karena mereka yang paling merasakan dampak dari pandemi. “Sesuai namanya, bantuan stimulus permodalan. Dengan anggaran dari pemkot sebesar Rp 5,119 miliar,” jelasnya.(jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.