1.524 Pelaku Perikanan dapat Bantuan Sosial

SERANG,jejakbanten.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia menurunkan bantuan sosial (bansos) untuk 1.524 pelaku perikanan di Kabupaten Serang. Terdiri atas 1.063 nelayan, 343 pembudidaya ikan, 83 pengolah ikan, 34 pemasar ikan, dan satu petambak garam.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Serang, Suhardjo mengatakan, bansos untuk pelaku perikanan cukup banyak untuk wilayah Kabupaten Serang. Hal itu, kata dia, atas komunikasi positif Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dengan pihak KKP.

“Tentu bantuan ini sangat bermanfaat dan ditunggu para pelaku perikanan,” kata Suhardjo kepada wartawan, Kamis (16/7/2020).

Menurutnya, pemberian bansos KKP berdasarkan data Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka). Bantuan sebesar Rp 600 ribu per orang yang disalurkan untuk tiga bulan dengan total Rp 1.800.000.

“Saat pandemi virus corona atau Covid-19, para pelaku perikanan salah satu yang terdampak. Maka bantuan sebesar tersebut memang dinanti,” ujarnya.

Sebanyak 1.524 warga penerima bantuan berasal dari 26 kecamatan di Kabupaten Serang. Akan dibagikan melalui Kantor Pos Serang sebanyak 941 orang dan Kantor Pos Cilegon sebanyak 583 orang. Pembagian direncanakan Sabtu, (18/7/2020). “Para penerima bantuan menyebar di 26 kecamatan,” terangnya.

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah menyampaikan terima kasih kepada KKP, atas bansos yang sudah diberikan untuk pelaku perikanan di Kabupaten Serang.

“Semoga bantuan itu dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku perikanan. Dan berharap bantuan untuk dibelikan kebutuhan sembako,” harapnya.(ar/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.