Praktisi Minta Pemerintah Berpihak ke Sekolah Swasta

SERANG, jejakbanten.com – Praktisi Pendidikan Banten Akhmad Supriyatna meminta kepada pemerintah daerah agar memiliki keberpihakan kepada lembaga pendidikan swasta. Karena sekolah swasta juga telat turut memberi pencerdasan kepada anak bangsa.

Selain itu, sekolah swasta terbentuk dari inisiatif masyarakat, untuk menyediakan layanan pendidikan yang berbeda dengan sekolah milik pemerintah.

“Pemerintah daerah harus memiliki keberpihakan, tidak membeda-bedakan sekolah swasta dan negeri,” katanya.

Menurut dia, pemerintah seharusnya memberikan dukungan kepada lembaga pendidikan swasta dengan regulasi dan kebijakan. Sementara yang terjadi saat ini, kebijakan pemerintah daerah khususnya pada PPDB, berdampak buruk bagi sekolah swasta.

“Selama ini kebijakan pemerintah daerah untuk mengatur PPDB di sekolah negeri berdampak negatif pada sekolah swasta. Di sisi lain sekolah swasta kurang memiliki daya dukung yang kuat untuk menyaingi sekolah negeri, akhirnya banyak sekolah masyarakat yang terdampak,” katanya.

Menurut dia, bentuk keberpihakan pemerintah yang diharapkan yakni dengan memberikan kejelasan jumlah pada PPDB sekolah negeri, sehingga siswa yang tidak tertampung bisa dialihkan agar bersekolah di swasta. (yr/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.