Di Sana Webinar, Di Sini Webinar

*Oleh : Kepala SDN Sayar, Nina Rostiana, S.Pd

WABAH covid-19 atau virus corona jenis baru menjadi pandemik. Maksudnya, wabah ini bukan terjadi di satu daerah atau wilayah akan tetapi terjadi dibanyak negara, termasuk Indonesia.

Indonesia tak lepas dari bencana ini, kasus covid-19 di Tanah Air sudah berada di level teratas, korban meninggalpun kian bertambah setiap harinya.

Dengan adanya wabah covid-19 yang semakin meningkat dan menjadikan segala kegiatan khususnya di bidang pendidikan dilakukan di rumah dan pembelajaran pun menggunakan metode daring (dalam jaringan). Ditambah dengan kegiatan lainya, termasuk dengan dunia usahapun menggunakan online pula.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih dan semakin pesat dan sangat membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas, pekerjaan, ataupun bisnis.

Pekerjaan dilakukan dengan cepat, sehingga dengan seiring waktu dan perkembangan zaman, teknologi menjadikan sebuah solusi efektif untuk mengatasi berbagai masalah, informasi mudah dilakukan. Saat ini, webinar adalah salah satu media yang mulai digunakan untuk membagikan informasi, semakin maraknya webinar-webinar dilakukan.

Berbicara mengenai webinar, apa itu webinar?. Webinar adalah kependekan dari istilah web seminar, yaitu seminar yang dilakukan melalui situs web atau aplikasi berbasis internet. Tekniknya, pembicara membagikan materi melalui media elektronik atau internet.

Tanpa harus “bertatap muka” kita bisa mengikuti kegiatan seminar ataupun mengadakan seminar dalam jaringan. Tak hanya hemat waktu dan biaya untuk mendatangi sebuah seminar, bahkan kita bisa memilih sendiri kegiatan webinar ini, asal tersedia koneksi internet yang cepat dan stabil. Bahkan kita sudah bisa mendapatkan ilmu bermanfaat yang dibawakan langsung oleh nara sumber/pemateri yang mumpuni dibidangnya.

Dengan menggunakan webinar banyak sekali keuntungan dan keefektifan dari webinar tersebut, seperti hemat waktu, hemat biaya, tidak perlu jauh-jauh ke tempatnya, menambah wawasan, dan mudah dijangkau. Dunia pendidikan, ekonomi bisnis semoga semakin meningkat walaupun dengan situasi pandemi covid -19, harus tetap optimis untuk melakukan kegiatan yang positif sesuai dengan protokol kesehatan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.