Tuan Rumah Diminta Patuhi Aturan Porprov VI Banten

TANGERANG, jejakbanten.com – KONI Provinsi menyerahkan surat keputusan peraturan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten dan perihal mutasi atlet kepada KONI Kota Tangerang, Senin (10/8/2020). KONI Banten meminta tuan rumah Porprov VI Banten mematuhi dan melaksanakan peraturan yang telah disepakati bersama.

Penyerahan surat keputusan dilakukan Sekretaris Umum KONI Banten Sutaryono bersama Kepala Bidang Hukum Koswara kepada Ketua KONI Kota Tangerang Hadi, yang didampingi Sekretaris Warta Ginting dan Wakil Ketua I Arsani Maidi di Sekretariat KONI Kota Tangerang.

Seusai penyerahan, Sutaryono menyatakan tuan rumah Kota Tangerang memiliki waktu yang cukup, untuk menyiapkan perhelatan Porprov VI Banten. Itu terlihat dari persiapan yang sudah dilakukan sekarang.

Oleh karenanya, dia meminta agar tahapan demi tahapan menuju kompetisi olahraga terbesar di Banten dilaksanakan sesuai peraturan. Demikian juga terkait perpindahan atau mutasi atlet yang kerap kali menjadi persoalan di setiap ajang Porprov.

“Kami meminta tuan rumah mematuhi tahapan-tahapan menuju Porprov VI di tahun 2022 sehingga tidak terlalu mepet dan terburu-buru. Apabila mepet kan bisa jadi kacau,” ujarnya.

KONI Banten, kata Sutaryono, akan mengawasi pelaksanaan tahapan serta penerapan terhadap peraturan Porprov VI. Pihaknya berencana melakukan monitoring dua kali dalam sebulan untuk memastikan tahapan dan peraturan dilaksanakan. KONI Banten dapat memberikan rekomendasi jika terdapat kekeliruan.

“Setelah SK diserahkan, tuan rumah dapat menindaklanjutinya dengan membentuk panitia Porprov VI Banten kemudian melakukan persiapan lain. Diantaranya membuat technical hand book dan sebagainya,” ungkapnya.

Ketua KONI Kota Tangerang, Hadi menyampaikan, pihaknya akan berusaha mengawal agar peraturan Porprov VI dan peraturan mutasi atlet. Tujuannya agar peraturan yang sudah ditetapkan tidak dilanggar di lapangan.

Setelah menerima SK, KONI Kota Tangerang akan membentuk tim internal. Sementara di level lebih tinggi, Pemerintah Kota Tangerang selaku tuan rumah Porprov VI Banten akan membentuk panitia besar yang terdiri dari berbagai dinas terkait. Diantaranya adalah Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Dinas Pemuda dan Olahraga serta lain-lainnya.

“KONI Kota Tangerang sendiri bertugas menyiapkan atlet dan membuat program pelatihan. Pemkot Tangerang menyiapkan fasilitas sarana dan prasarana olahraga, kesehatan, lalu lintas dan yang lain-lain,” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, belum ada keputusan terkait jumlah cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan. Hanya saja, jumlahnya bisa saja berkurang dibandingkan Porprov V Banten yang mempertandingkan 37 cabang.

“Mungkin cabor Layar ngga ada. Kita kan ngga punya laut,” terangnya.

Sekarang, ada 43 cabor di bawah naungan KONI Kota Tangerang. Namun yang sudah mendapatkan dana pembinaan sebanyak 40 cabang karena sudah terverifikasi jumlah klub dan atlet serta tempat latihannya yang sudah tersedia. Lalu, cabor tersebut aktif dalam kejuaraan. (ar/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *