Subadri Usuludin Ingin Kota Serang Punya Fasilitas Olahraga Seperti Jakabaring

SERANG,jejakbanten.com – Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin belum lama ini melakukan kunjungan ke Jakabaring Sport Center di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Usai melihat-lihat, ia menginginkan fasilitas serupa bisa ada di Kota Madani.

“Banyak hikmah saat berkunjung di Kota Palembang, kita bisa melihat Jakabaring Sport Center. Terbesit ada pemikiran, agar venue cabang olahraga (cabor) yang ada di Jakabaring bisa diterapkan juga di Kota Serang,” beber Subadri.

Dikatakannya, bagian belakang Jakabaring terdapat danau, di mana Kota Serang juga memiliki Ciwaka yang berlokasi di Walantaka. “Di samping bisa digunakan sebagai venue cabor, kan juga bisa dimanfaatkan untuk menggali Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ujarnya.

Orang nomor dua di Kota Serang tersebut mengaku mendapatkan pelajaran di Kota Palembang, bagaimana pengelolaannya agar lebih menggali PAD. “Sekali pun tujuan ke Palembang ini hanya untuk silaturahmi dan menyalurkan hobi sepakbola. Tapi, banyak manfaat yang bisa dipetik, bagaimana pola yang baik untuk bisa diterapkan di kota kita,” sambungnya.

Dia juga menyampaikan, untuk mendapatkan fasilitas sekelas Jakabaring, diperlukan sinergitas antara Pemerintah Kota (Pemkot) Serang dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten serta Pemerintah Pusat.

“Paling tidak di Kota Serang ada kawasan Stadion Maulana Yusuf yang bisa dijadikan sport center mini. Tapi seiring dengan terbenturnya kemampuan keuangan daerah, setidaknya sarana yang ada itu bisa ditingkatkan kembali,” jelasnya.

Pada Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2021, disampaikannya, untuk peningkatan sarana prasarana stadion sudah ada.

“Sesungguhnya pada KUA-PPAS 2020 sudah dianggarkan, hanya saja terkendala pandemi virus corona atau Covid-19. Pada KUA-PPAS 2021 sudah dianggarkan sekitar sembilan miliar rupiah untuk bagian dalam dan Rp 4,8 miliar untuk landscape. Itu untuk sementara, belum lagi kan ada bantuan lainnya dari Pemprov,” tuturnya.

Subadri pun meminta doa dan dukungannya dari masyarakat Kota Serang. “Jadi intinya, jauh-jauh ke Kota Palembang bukan hanya sekedar silaturahmi, tapi mendapatkan oleh-oleh pengetahuan soal cara pengelolaan aset daerah dan lainnya,” tutupnya.(bs/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.