Subadri Usuludin Buka Kegiatan Manajemen Peralatan Operasi Penanggulangan Bencana

SERANG,jejakbanten.com – Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin menghadiri sekaligus membuka kegiatan Manajemen Peralatan Operasi Penanggulangan Bencana, yang digelar BPDB Kota Serang.

Acara sendiri berlangsung 26 Agustus 2020 sampai 28 Agustus 2020, bertempat di Bukit Lembah Hijau, Mancak, Kabupaten Serang.

Diketahui, manajemen peralatan adalah sesuatu hal yang sangat vital dan esensial dalam penyelenggaraan Penanggulangan Bencana.

Oleh karena itu, apabila dalam sebuah operasi tanggap darurat bencana tidak menggunakan logistik dan peralatan, pasti dalam operasi tanggap darurat tersebut akan tidak berjalan dengan cepat, tepat, dan mencapai target.

Bahkan dalam operasi penyelamatan korban bencana longsor pun paling sederhana menggunakan peralatan cangkul atau sekop (sederhananya).

Peralatan dalam bentuk alat dan peralatan yang dapat dipergunakan untuk membantu penyelamatan dan evakuasi masyarakat terkena bencana, pemenuhan kebutuhan dasar, dan untuk pemulihan segera prasarana serta sarana vital.

“Termasuk dalam kategori peralatan ini misalnya peralatan perahu karet, mobil rescue tactical unit, mobil dapur umum, mobil tangki air, tenda, pompa, peralatan kesehatan, peralatan komunikasi, dan alat-alat berat. Semua logistik dan peralatan dalam konteks itu adalah logistik dan peralatan yang berkaitan dengan penyelenggaraan PB, meliputi pada masa prabencana, masa tanggap darurat, dan masa pasca bencana,” jelas Subadri.(ar/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.