KKM 06 Uniba Kenalkan Produk Kerajinan

SERANG, jejakbanten.com, Peserta Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) kelompok 06 Universitas Bina Bangsa (Uniba) menyelenggarakan lokakarya, dengan mengenalkan berbagai produk kerajinan kepada masyarakat, di Aula Kelurahan Curug Kota Serang, Senin (31/8/2020).

Menurut Koordinator Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Andi Hasryningsih Asfar mengatakan, kegiatan tersebut untuk mengenalkan kerajinan yang telah dihasilkan peserta KKM di Kelurahan Curug. Perlu diketahui, produk yang dihasilkan diantaranya tempat cuci tangan dari ember bekas, kemudian masker batik Banten. Selain itu, mahasiswa bersama pemuda desa mahasiswa juga membuat desa wisata dan mengolah minuman herbal.

“Kami mengenalkan produk-produk yang telah dihasilkan mahasiswa, seperti membuat masker dari kain batik, karena masyarakat saat ini harus menggunakan masker. Kemudian tempat cuci tangan dengan memanfaatkan ember, serta membantu warga dengan membuat desa wisata,” kata Andi.

Ia mengatakan, selain itu mahasiswa juga memanfaatkan minyak jelantah untuk menjadi sabun cuci tangan, yang merupakan salah satu cara untuk memberdayakan masyarakat sekitar.

“Kami juga memanfaatkan minyak jelantah untuk menjadi sabun cuci tangan bersama masyarakat, itu juga untuk memberdayakan mereka. Agar memanfaatkan minyak jelantah atau bahan yang sudah tidak dipakai menjadi barang yang bisa dijual kembali. Kami juga meminta agar mahasiswa mengedukasi masyarakat terkait protokol kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan Kelurahan Curug Dede menuturkan, kegiatan mahasiswa selama berada di Kelurahan Curug telah menghasilkan banyak produk seperti minuman asam, masker batik Banten, tempat cuci tangan dari ember bekas dan desa wisata yang dibuat bersama warga sekitar.

“Mahasiswa telah menghasilkan berbagai produk, diharapkan ke depan dapat dikembangkan lagi oleh masyarakat. Kegiatan yang telah dilakukan bersama masyarakat, diharapkan dapat memberikan manfaat serta bisa menjadi mata pencaharian mereka,” tuturnya. (yd/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.