Seluruh Kepala Dinas di Kabupaten Serang akan Jalani Tes Swab

SERANG,jejakbanten.com – Seluruh kepala dinas di lingkup Pemerintahan Kabupaten Serang akan dilakukan pemeriksaan swab oleh Tim Gugus Tugas Covid-19, dalam waktu dekat. Tujuannya untuk menekan penyebaran wabah tersebut.

Rencananya, para pejabat itu akan pemeriksaan swab PCR oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang dan pihak Rumah Sakit Dradjat Prawiranegara (RSDP) Serang. Pemeriksaan swab PCR juga akan dilakukan terhadap istri-istri para pejabat tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri mengatakan, pemeriksaan swab PCR terhadap para pejabat eselon II ini dilakukan sebagai upaya mencegah penularan Covid-19, karena kasus terkonfirmasi positifnya terus meningkat dan sekarang sudah mencapai 116 kasus dengan jumlah kematian tiga orang.

“Tadi pada kesempatan rapat dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), saya minta kepada Kepala Dinkes (Agus Sukmayadi-red) untuk berkoordinasi dengan Direktur RSDP Serang untuk melakukan swab terhadap semua eselon II plus istrinya,” ujar Entus saat ditemui di lingkungan Pemkab Serang, Kamis (3/9/2020).

Ia menjelaskan, alasan para istri pejabat eselon II akan dilakukan pemeriksaan swab PCR karena mereka aktif di berbagai organisasi dan sering turun ke kecamatan-kecamatan untuk melalukan kegiatan.

“Lebih baik kita mengetahui bahwa kita terkonfirmasi positif terus mengambil tindakan, daripada tidak mengetahui dan santai-santai saja,” katanya.

Dia menuturkan, naiknya kasus terkonfirmasi positif virus corona di Kabupaten Serang harus menjadi perhatian semua pihak agar lebih ketat lagi dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Saya sudah memerintah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang untuk melakukan penyemprotan disinfektan di semua kantor-kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” tegasnya.

Selain itu, pihaknya akan menggalakan lagi pemakaian masker kepada seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Serang.

“Terkait isu yang beredar mengenai istri saya terjangkit Covid-19, Alhamdulillah istri saya sehat dan tadi pagi juga minta nasi uduk. Terus saya sudah mendapat informasi hasil swab saya dan anak saya, hasilnya negatif,” bebernya.(ar/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.