Syafrudin Minta Pegiat Literasi dan Pemkot Serang Bersinergi

SERANG, jejakbanten.com – Walikota Serang Syafrudin ingin adanya sinergitas antara Pemerintah Kota (Pemkot) Serang dengan pegiat literasi.

Hal itu dinilai perlu untuk mempertahankan penghargaan pengentasan buta aksara, yang telah diraih Kota Serang beberapa waktu lalu.

Apalagi, apresiasi tersebut didapat, berdasarkan meningkatnya Sumber Daya Manusia (SDM) serta keberadaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) disejumlah titik di Kota Serang.

“Peran pegiat dan pemerintah harus saling bersinergi. Anugerah yang kami terima tentu tidak tiba-tiba datang. Itu dilihat dari meningkatnya SDM serta dukungan dari TBM, pegiat literasi serta Kota Serang juga memiliki banyak Pojok Baca,” kata Syafrudin, Kamis (10/9/2020).

Selanjutnya, ia mengatakan, Pemkot Serang memiliki program literasi yang sebenarnya sudah direncanakan dan ada di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) serta Dinas Perpustakan dan Kearsipan (DPK) Kota Serang.

Menurutnya, kegiatan tersebut sudah terbukti dari 2018 hingga 2020, di Kota Serang tidak ada lagi yang tidak bisa membaca atau menulis.

“Untuk mewujudkan Kota Serang menuju kota literasi, kami memiliki program dari pertama saya dilantik yakni membebaskan zero buta aksara. Terbukti dari 2018 hingga 2020 tidak ada lagi yang tidak bisa baca, tidak bisa menulis itu semua sudah kami selesaikan, ke depan dari Dindikbud dan DPK memiliki program meningkatkan pendidikan,” pungkasnya.(yd/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.