BI Serahkan Uang Pecahan Rp 75 Ribu ke Untirta

SERANG, jejakbanten.com – Bank Indonesia (BI) perwakilan Banten menyerahkan uang pecahan Rp 75 ribu ke Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Kamis (17/9/2020). Penyerahan tersebut dilakukan oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erwin Soeriandimadja kepada Rektor Untirta Fatah Sulaiman.

Diketahui, uang pecahan Rp 75 ribu tersebut diterbitkan secara khusus untuk memperingati Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia. Sebelumnya, Bank Indonesia juga sudah mengeluarkan uang khusus peringatan kemerdekaan, yakni yang ke-25, ke-45, dan ke-50.

“Selama ini kita sudah tiga kali (menerbitkan) Uang Peringatan Kemerdekaan, ke-25, ke-45, dan ke-50, ini yang ke-75. Masyarakat boleh memilliki dengan menukarkan uangnya melalui aplikasi secara individual, maupun kolektif sebagai alat pembayaran yang sah. Prinsipnya satu KTP, satu lembang uang,” ujarnya seperti dikutip dari untirta.ac.id.

Oleh karena itu, uang pecahan Rp 75 ribu tersebut tetap bisa dipergunakan sebagai alat pembayaran yang sah, meskipun biasanya dijadikan sebagai barang koleksi.

Sementara itu, Rektor Untirta Fatah Sulaiman berterima kasih dan memberi penghargaan kepada Bank Indonesia khususnya perwakilan Banten. Penyerahan uang pecahan Rp 75 ribu kepada Untirta tersebut, sebagai simbol penyerahan secara umum ke masyarakat luas.

“Diserahkan langsung Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia dalam bentuk uang pecahan Rp 75.000 kepada Universitas Sultan Ageng Tirtayasa sebagai simbol penyerahan secara umum ke masyarakat luas. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi bahwa kita harus terus berkarya menuju Indonesia Maju, sekaligus mempersiapkan diri menyongsong Indonesia Emas pada tahun 2045 nanti,” katanya. (yd/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.