Asah Kualitas Tanding, Catur Ujicoba dengan Master Internasional

TANGERANG,jejakbanten.com – Persiapan pecatur Banten Danny Juswanto menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua terus dimatangkan kemampuan teknik dan taktiknya.

Salah satu langkah yang dilakukan Pengurus Provinsi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Pengprov Percasi) Banten adalah dengan menggelar ujicoba pecatur Banten menghadapi pecatur Master Internasional (MI).

Hal inilah yang dilakukan beberapa waktu yang lalu di GOR Indoor Stadium Sport Center Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Di mana Danny dihadapkan spparing dengan MI Ronny Lukman.

Latihan itu diagendakan dengan tujuan, agar Danny yang juga memiliki gelar MI mendapat lawan tanding yang setara sehingga bisa dengan mudah melakukan evaluasi.

“Uji tarung menjadi agenda kita hingga akhir tahun 2020, minimal satu bulan kita melakukanya. Ini sebagai evaluasi kekurangan apa yang harus dibenahi oleh pak Danny, dan itu harus menghadapi pecatur yang levelnya setara,” ucap Dudi Darmadi, Manajer Catur Banten.

Dari hasil perjumpaan, Danny sendiri cukup mampu memperlihatkan kemajuan penampilan. Dari dua sesi yang dilakukan, unggul cukup telak dari lawan.

Pada sesi pertama yang memainkan nomor catur kilat, menang dengan skor 4-1. Sedangkan pada sesi kedua yang memainkan nomor catur rapid, meraih skor 2-0.

Secara penampilan, kemampuan Danny bukan tanpa kekurangan. Pecatur yang tampil di kategori veteran ini, berdasarkan pengamatan masih lemah di nomor catur kilat. Refleknya belum baik. Gerakan tangan dalam memindahkan bidak masih diatas satu detik, semestinya gerakan tangannya harus dalam setengah detik sesuai standar pecatur MI.

“Ini yang kita akan asah terus dengan melakukan uji tarung, meski agak sulit karena faktor usia tapi kami cukup yakin dengan persiapan panjang kebiasaan gerakan akan meningkat,” jelasnya.(ar/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.