Gelar Pelatihan Pelatih, Bukti Keseriusan Kota Serang Hadapi Porprov VI Banten

SERANG,jejakbanten.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Serang terus membuktikan keseriusannya untuk menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten, yang akan digelar di Kota Tangerang 2022 mendatang. Hal ini terlihat dengan pergelaran Pelatihan Pelatih yang dilaksanakan, di Aula Hotel Puri Kayana, Sabtu (26/9/2020).

Diketahui, kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwasata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kota Serang Akhmad Zubaidillah, serta 88 pelatih dari 44 cabang olahraga (cabor) di bawah naungan KONI Kota Serang.

Ketua Pelaksana Pelatihan Pelatih KONI Kota Serang, Upik Ade Safitri mengatakan, acara itu memang ajang untuk persiapan menghadapi Porprov VI Banten. Alasannya, untuk mencetak atlet yang berprestasi, pihaknya harus terlebih dahulu meningkatkan kualitas para pelatihnya.

“Untuk persiapan kami menjelang Porprov VI Banten, jadi kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) olahraga di Kota Serang harus ditingkatkan dulu. Kemampuan yang ada sekarang sih Insya Allah mumpuni, karena sudah banyak pelatih yang mengantongi lisensi tingkat nasional. Tapi kegiatan pelatihan pelatih lebih kepada mengupgrade mereka di bidang pelatihan dan pengetahuan,” ucapnya.

Ade menyampaikan, KONI Kota Serang tidak ingin menyia-nyiakan waktu, untuk menyiapkan diri menghadapi Porprov VI Banten. Oleh karenanya, meski pelaksanaan event tersebut masih dua tahun ke depan, namun persiapan sudah dilaksanakan sejak jauh-jauh hari.

“Persiapan untuk Porprov kan harus jauh-jauh hari, biar kualitas atlet nanti semakin matang. Untuk mematangkan kualitas atlet, tentunya langkah pertama pengetahuan dan kualitas pelatihnya dulu ditingkatkan,” jelasnya.

Dia menuturkan, materi yang diberikan pada pelatihan pelatih meliputi pembinaan periodisasi, gizi atlet, serta penanganan cedera pada atlet. Dirinya berencana menggelar pelatihan pelatih setiap satu tahun sekali.

Sementara Kepala Disparpora Kota Serang, Akhmad Zubaidillah menjelaskan, kualitas pelatih yang ada saat ini memang perlu dilakukan peningkatan. Hal itu dilakukan karena banyak pengetahuan baru yang perlu dipelajari.

“Memang pelatih perlu adanya peningkatan kualias dan kemampuan. Apalagi atlet kan berganti-ganti, jadi harus ada penyesuaian disetiap pelatih. Saat ini kan yang dilatih itu skill, aspek mental, dan gizi. Faktor-faktor tersebut akan mempengaruhi kemampuan skill,” tuturnya.

Ketua KONI Kota Serang, Deni Arisandi menegaskan, pelatihan pelatih dilakukan sebagai bentuk keseriusan KONI Kota Serang, untuk menghadapi Porprov VI Banten. Pihaknya tidak ingin berleha-leha.

“Target kami ingin jadi yang terbaik, sehingga persiapan apapun harus dimulai dari sekarang meski di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. Namun tetap mengkedepankan protokol kesehatan,” pungkasnya.(yd/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.