Saat Pengenalan Kampus, Maba Uniba Kompak Pakai Batik

SERANG, jejakbanten.com – Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Bina Bangsa (Uniba) mengenakan batik, saat kegiatan pengenalan kampus atau disebut Orientasi Kehidupan Kampus (OKK). Kegiatan itu digelar secara virtual selama tiga hari pada 8-10 Oktober. 

Ketua Pelaksana OKK Uniba Muhammad Saleh mengatakan, berbeda dengan OKK tahun sebelumnya, kali ini cukup spesial karena seluruh maba wajib mengenakan batik. 

Menurut dia, penggunaan batik itu untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan kebudayaan Indonesia, sekaligus merayakan Hari Batik Nasional yang diselenggarakan pada 2 Oktober lalu. 

“Kami meminta mahasiswa baru menggunakan batik, untuk menumbuhkan nasionalisme dan mencintai kebudayaan Indonesia. Selain itu kami menggunakan virtual untuk mencegah penyebaran Covid-19,” katanya.

Rektor Uniba Furtasan Ali Yusuf mengatakan, pelaksanaan OKK diwajibkan mengenakan batik sebagai bentuk kecintaan terhadap budaya lokal. Sementara tahun sebelumnya mengenakan pakaian setelan hitam putih. 

“Kami wajibkan mahasiswa baru mengenakan batik, karena batik kan termasuk salah satu kebudayaan lokal. Kalau ditahun sebelumnya mahasiswa mengenakan hitam putih kali ini mereka mengenakan batik,” kata Furtasan. (yd/jb) 

Leave a Reply

Your email address will not be published.