Wapres Resmikan Fasilitas Retina dan Glaukoma Center RS Mata Achmad Wardi

SERANG, jejakbanten.com – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin resmikan fasilitas Retina dan Glaukoma Center di Rumah Sakit Mata Achmad Wardi, yang berada di Kecamatan Taktakan. Peresmian tersebut dilakukan secara virtual, Rabu (21/10/2020).

Hadir pada acara itu, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, Menteri Agama RI Fachrul Razi, Menteri Kesehatan RI dr Nila Moeloek, Ketua Pelaksana BWI Muhammad Nuh, Kepala Badan Pelaksana BKPH Anggito Abimanyu, Gubernur Banten Wahidin Halim, Wali Kota Serang Syafrudin, dan Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Nasyiti Majidi.

Pada kesempatan yang ada, Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin mengucapkan selamat kepada RS Mata Achmad Wardi. Soalnya, merupakan rumah sakit mata pertama di Asia yang dibangun melalui dana wakaf pada 2011 silam.

“Hari ini kita menyaksikan peresmian penambahan retinasi center yang di bangun juga melalui dana wakaf. Hal ini sesuai harapan saya untuk menjadikan wakaf salah satu pilar peningkatan kesehatan masyarakat, menuju Indonesia maju dan berdaya saing. Kesehatan merupakan faktor penting bagi terwujudnya sumber daya manusia yang unggul. Makanya, sekarang untuk meningkatkan layanan kesehatan sudah selayaknya diapresiasi,” katanya pada saat pidato peresmian.

Dia mengatakan, berdasarkan data yang dihimpun oleh  perhimpunan spesialis mata Indonesia, relevansi kebutaan di Indonesia adalah satu setengah persen atau sekitar tiga juta masyarakat. Bila dibandingkan dengan Thailand 0,7 persen dan Bangladesh  satu persen. Kebutaan di Indonesia paling banyak terjadi akibat katarak gulkoma dan gangguan retina.

“Dengan adanya Rumah Sakit Mata Achmad Wardi, artinya warga Kota Serang dan sekitarnya dapat memperoleh layanan rawat mata berkualitas di lokasi terdekat,” tandasnya.(ayg/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.