Ratu Tatu Chasanah: Pendidikan Gratis hingga Perguruan Tinggi

SERANG,jejakbanten.com – Calon Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memastikan warga Kabupaten Serang bisa menikmati pendidikan gratis mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga perguruan tinggi.

Beasiswa pun diberikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang untuk memastikan seluruh masyarakat Kabupaten Serang bisa sekolah dan kuliah.

Menurut Tatu, sesuai kewenangan pemerintahan, Pemkab Serang berkewajiban mengelola pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah pertama. Oleh karenanya, untuk menjamin aksesibilitas, telah diluncurkan program beasiswa SD dan SMP.

“Kemudian pemerintah pusat juga menurunkan program Bantuan Operasional Sekolah atau BOS. Jadi program beasiswa Pemkab Serang ini bersinergi dengan program BOS,” kata calon petahana itu di sela-sela kampanye di Kecamatan Ciomas, Rabu (28/10/2020).

Sekadar diketahui, beasiswa tingkat SD sebanyak 1.650 siswa dan beasiswa SMP sebanyak 2.452 siswa. Lalu, Pemkab Serang juga memberikan beasiswa untuk 212 penghafal Alquran.

“Untuk program pendidikan gratis tingkat SMA atau SLTA, sudah diprogramkan Pemerintah Provinsi Banten yang punya kewenangan. Namun Pemkab Serang melalui Baznas Kabupaten Serang ikut memberikan beasiswa untuk siswa SLTA,” tegasnya.

Di tahun pelajaran 2019/2020, Pemkab Serang memberikan beasiswa untuk 1.400 siswa SD dan 1.445 siswa SMP. Kemudian beasiswa vokasi D-1 Untirta untuk 44 mahasiswa, vokasi D-3 UI 13 mahasiswa, sarjana kedokteran Untirta tujuh mahasiswa, sarjana Ilmu hukum Untirta satu orang, sarjana ilmu pertanian Untirta satu mahasiswa, dan sarjana guru PAUD 351 mahasiswa.

Kemudian untuk tahun pelajaran 2020, untuk program kuliah gratis, Pemkab Serang memberikan beasiswa untuk vokasi D-1 Untirta untuk 25 mahasiswa, vokasi D-2 UI ada delapan mahasiswa, sarjana guru PAUD 375 mahasiswa, sarjana kedokteran Untirta lima mahasiswa, dan program sarjana pertanian Untirta satu mahasiswa.

“Jika punya kemauan, kemudian tekun belajar, insya Allah, warga Kabupaten Serang berkesempatan menikmati pendidikan gratis dari SD hingga perguruan tinggi. Saya minta para orangtua terus memotivasi dan mendorong anak-anaknya untuk tekun belajar,” tuturnya.

Tokoh masyarakat Kecamatan Ciomas, Ustad Abi Syuja’i menilai, sudah menjadi ikatan batin bahwa warga Kecamatan Ciomas untuk memilih pasangan Tatu-Pandji. Sebab, Tatu merupakan kelahiran wilayah Palima-Cinangka (Palka).

“Kita sedang memilih pemimpin yang sudah terbukti membangun Kabupaten Serang, bukan hanya wilayah Ciomas, tetapi juga hingga Kecamatan Bojonegara,” tegasnya.(ar/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.