Pengaruh Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Virus Corona

Ditulis Oleh: Hj. Nina Rostiana, S.Pd

Kepala SDN Sayar Taktakan Kota Serang

Jejakbanten.com – Wabah virus corona atau Covid-19 kini sedang melanda seluruh penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia.

Kedatangannya di Maret lalu mengakibatkan banyak kegiatan di bidang sektor apapun terhambat bahkan terhenti. Begitupun dengan dunia pendidikan.

Namun, bangsa di Tanah Air harus bangkit. Dengan permasalahan yang ada, kini lahirlah deklarasi dalam menghadapi pandemi Covid-19 di muka bumi.

Deklarasi ini berkaitan erat dengan SDG’s (Sustainable Development Goals). Di dalamnya ada 17 tujuan, diantaranya tanpa kelaparan, tanpa kemiskinan, kesehatan dan kesejahteraan yang baik serta pendidikan yang berkualitas.

Dilihat dari tujuan yang di sebutkan itu, ada poin yang menyebutkan pendidikan yang berkualitas.

Apakah pendikan kita sudah berkualias? Ditambah dengan situasi seperti sekarang? Makanya, Indonesia sangat membutuhkan teknologi pendidikan yang menunjang pembelajaran untuk meningkatkan pendidikan yang berkualitas, apalagi dengan kondisi seperti sekarang.

Teknologi pendidikan menjadi faktor menyelesaikan masalah pendidikan saat ini. Karena, dengan teknologi pendidikan memudahkan untuk penyampaian informasi berupa materi pembelajaran, sehingga kegiatan pembelajaran yang dilakukan tidak menjadi kendala pada saat pembelajaran di rumah atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Teknologi pendidikan menjadikan solusai yang efektif dan efisien di dalam pembelajaran guna menunjang pembelajaran mandiri. Teknologi pendidikan pun dapat menciptakan pembelajaran tetap berjalan dengan baik.

Berdasarkan SE No 4 tahun 2020 tentang kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19, membuat Indonesia bereksperimen menciptakan teknologi dengan berbagai macam model berupa aplikasi pembelajaran, class room, website goegle form, dan lainnya.

Dengan teknologi pembelajaran, banyak manfaatnya dan memudahkan untuk mencari sumber pembelajaran berupa pengetahuan yang cakupannya sangat luas. Diantaranya membantu meningkatkan proses belajar mandiri serta menciptakan pemikiran yang terbuka terhadap pendidikan dengan kemajuan teknologi yang bersifat global.

Penggunaan teknologi pendidikan pun salah satu usaha dalam mengimplementasikan media pembelajaran terbaru berbasis teknologi yang beraneka ragam serta menjadikan usaha promosi terhadap teknologi pendidikan. Soalnya sangat membantu dan mudah di pahami peserta didik, apalagi dengan kehidupan milenial menjadikan media pembelajaran semakin meningkat berkualitas dan inovatif.(***)

Leave a Reply

Your email address will not be published.