Berlatih di Tanjung Lesung, Gantole Fokus Tambah Jam Terbang Atlet

SERANG,jejakbanten.com – Jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun depan, cabang olahraga (cabor) gantole fokus menambah jam terbang atlet. Hal ini disampaikan Pelatih Gantole Banten, Aji Enoh.

Kata dia, pasca meraih gelar juara di Kasau Cup 2020 beberapa waktu lalu, tak membuat para atlet berleha-leha. Kini mereka semua fokus berlatih di Tanjung Lesung, Pandeglang sejak Sabtu (7/11/2020) hingga Kamis (12/11/2020).

Latihan di kawasan pantai itu, selain sebagai variasi suasana dalam latihan setelah rutin berlatih di Lanud Gorda Kabupaten Serang, juga difokuskan dalam menambah jam terbang atlet gantole Banten.

Dengan berlatih di Tanjung Lesung, fokus dan semangat atlet bisa maksimal karena berlatih dengan kondisi yang berbeda.

“Olahraga gantole kan identik dengan jam terbang, semakin banyak jam terbang dan repetisi dalam latihan atlet bisa semakin mahir dalam menguasai peralatan dan memahami kondisi cuaca,” ujar pria yang juga merangkap atlet gantole Banten tersebut.

Dia menambahkan, berlatih di lokasi wisata Tanjung Lesung merupakan latihan yang diisi dengan program teknik terbang. Dimana dari empat pekan dalam sebulan, minggu kedua diisi dengan latihan untuk menguatkan kemampuan teknik atlet yang terdiri dari Agung Permana, Ening Kurni, Tb Husni, Mubarak dan dirinya.

“Dalam sebulan kita latihan selang-seling, minggu pertama dan ketiga kita isi dengan latihan fisik sementara minggu kedua dan keempat atlet ditempa dengan latihan tenik yang mengutamakan jam terbang,” bebernya.

Pada latihan teknik sekarang, pria asal Pandeglang ini mengungkapkan, atlet pun ditekankan untuk menguasai dua nomor yang dipertandingkan pada PON yakni Ketepatan Mendarat (KTM) dan Cross Country.

Dirinya ingin, walau sebagian besar atlet Banten menguasai nomor KTM, tapi harus menguasai nomor cross country. Dengan begitu, diharapkan Banten punya banyak potensi untuk bisa mendulang medali emas selain di nomor KTM pada PON XX Papua tahun 2021 nanti.

“Kami ingin menambah koleksi medali emas buat Banten di PON nanti, makanya kami usaha untuk bisa menguasai nomor cross country,” pungkasnya.(ar/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.