Sekda Kabupaten Serang Sebut Kreativitas adalah Modal Kebangkitan UMKM

SERANG,jejakbanten.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri membuka Gebyar Senyum Nusantara yang digagas Graha Kreatif di Kampung Katileng, Desa Pasirbuyut, Kecamatan Jawilan pada Selasa (19/10/2021).

Pada kesempatan yang ada, ia mengajak kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk bersama-sama membangkitkan kembali perekonomian pada masa pandemi Covid-19.

“Pandemi bukan hanya dampaknya pada kesehatan dan sosial, tapi juga masalah ekonomi. Nah, ini perlu ikhtiar semua elemen masyarakat, seluruh stakeholder untuk membangkitkan ekonomi Kita, ekonomi masyarakat,” ujar Entus dalam sambutannya.

Dikatakannya, pada dasarnya memang setiap para pelaku UMKM klasiknya itu selalu ada yang di keluhkan meliputi tiga hal. Pertama soal permodalan, kedua bahan baku dan ketiga pemasaran. “Selalu menjadi keluhan klasik bagi para pelaku UMKM,” ucapnya.

Masalah klasik yang dimaksud, jelasnya, sejak dulu modal selalu dikaitkan dengan uang. Pemasaran pun secara konvensional dimaknai bagaimana cara memasarkan di sekitar lingkungan dan bahan baku selalu dikaitkan ketersedian bahan baku yang ada secara mudah biasa didapatkan di daerahnya sendiri.

“Seiring dengan kemajuan teknologi, tuntutan zaman. Ingin saya sampaikan, bahwa bagi orang kreatif modal bukan uang tapi kreativitas yang menjadi modal. Pasar adalah dunia dan modal adalah informasi,” terangnya.

Jadi menurutnya, bila warga mengerti masalah ini maka UMKM pasti akan maju. “Kita sekarang bicara masalah modal, kalau bapak ibu pelaku UMKM punya kreativitas yang tinggi maka bank pun akan datang sendiri. Sekarang misalnya, Kepala Bank bjb hadir di sini karena melihat graha kreatif tersebut punya peluang usaha untuk berkembang dengan baik, jadi bukan uang tetapi kreativitas modal kita,” tuturnya.

Kemudian terkait pemasaran, sambungya, para pelaku UMKM bisa memanfaatkan internet dengan memasarkan secara online ke seluruh dunia. “Sedangkan untuk bahan bakunya, tergantung kita bagaimana menguasainya,” ungkapnya.

Pada intinya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang mendukung dan mengapresiasi dengan keberadaan Graha Kreatif di Kecamatan Jawilan. Diharapkan bisa menjadi inspirasi para pemuda di seluruh kecamatan se-Kabupaten Serang. “Graha Kreatif harus menjadi pelopor, menjadi lokomotif UMKM di Kabupaten Serang,” tegasnya.

Founder Graha Kreatif, Johani Fauzin menerangkan, digelarnya Gebyar Senyum Nusantara bertujuan mengangkat sektor UMKM di Kabupaten Serang khususnya di daerah sekitar Kecamatan Jawilan. Adapun tema kegiatan yang usung adalah ‘Bersama UMKM Desa, Kita Bangkitkan Perekonomian Nasional’’.

“Kegiatantersebut diisi oleh berbagai sektor UMKM yang telah kami kurasi,” ujarnya.

Gebyar Senyum Nusantara juga diisi dengan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat sekitar perihal peningkatan ekonomi praktis yang dapat para peserta atau pengunjung terapkan nantinya. “Selain itu, kami mulai mengenalkan alat pembayaran digital sebagai bagian dari penerapan tujuan acara ini,” terangnya.(ar/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.