Tingkatkan Digitalisasi di Pemkot Serang, Diskominfo Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi ke OPD

SERANG, jejakbanten.com – Guna meningkatkan digitalisasi pada lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) sosialisasi ke semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Serang, Selasa (16/11/2021).

Kasi Insfratruktur pada Diskominfo Kota Serang, Aminudin, menyampaikan sosialisasi peningkatan dan pemanfaatan teknologi untuk saat ini diberikan kepada 34 OPD yang ada dilingkungan Pemkot Serang.

“Sebelumnya kami berikan juga sosialisasi pada kecamatan sampai tingkat kelurahan,” ucapnya.

Materi sosialisasi, kata Aminudin ada beberapa yang difokuskan seperti yang materi pelayanan, kemudian ada materi diseminasi informasi dan terakhir simulasi pembuatan tanda tangan elektronik.

“Tanda tangan elektronik ini yang akan lebih ditekankan, melihat pengarahan dari pusat sudah saatnya tanda tangan beralih dari konvensional ke elektronik,” paparnya.

Lebih lanjut Ia, menjelaskan keunggulan dari tanda tangan elektronik dibandingkan tanda tangan manual, keaslian tanda tangan elektronik lebih terjamin.

“Tanda tanda elektronik tidak dapat dipalsukan dengan cara di edit, nanti akan terdapat barcode dari situ ketahuan keasliannya,” jelasnya.

Senada disampaikan, Kabid Kominfo pada Diskominfo, Zatkiah mengatakan untuk saat ini pengoperasian tanda tangan elektronik dilakukan di internal Diskominfo, kedepannya akan menyeluruh pada lingkungan Pemkot Serang.

“Pada saat ini kami masih berkerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk pengadaan aplikasi tanda tangan elektronik agar kedepannya lingkungan Pemkot Serang sudah menggunakan tanda tangan secara elektronik, ujarnya.

Ia mengungkapkan, walaupun terkesan ketinggalan dengan terobosan tanda tangan elektronik, pihaknya menargetkan akan mengejar dan memastikan tahun depan aplikasi tanda tangan elektronik ready di tahun depan.

“Kami lakukan simulasi terlebih dahulu, kedepannya OPD yang ada di Pemkot Serang akan menggunakan tanda tangan secara elektronik,” pungkasnya. (fj/yd/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.