Sosialisasi K3 dan SMK3, PUPR Harap Tekan Kecelakaan Kerja

Pentingnya Keamanan Saat Bekerja, Dinas PUPR Kota Serang Sosialisasikan K3 dan SMK3 Pada Pekerja

jejakbanten.com – Pentingnya keamanan saat bekerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Serang, sosialisasikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) pada pekerja.

Sosialisasi yang dilaksanakan Dinas PUPR Kota Serang merupakan upaya bagaimana agar para pekerja di lapangan tetap memperhatikan kesehatan dan keselamatan saat bekerja.

Hal ini disampaikan, Kasi Bina Kontruksi pada Dinas PUPR Kota Serang, Sukarna Pura kepada wartawan jejakbanten.com, Senin (29/11/2021).

“Sosialisasi ini lebih dititik beratkan bagi pekerja yang berada di lapangan seperti tukang. Baik proyek besar atau kecil kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD) seperti helm dan lainnya, guna menjaga keselamatan tetap menjadi hal yang terpenting,” ucapnya.

Kedepan selain adanya sosialisasi ini, kata Sukarna, tukang akan diberikan pendampingan sertifikasi jasa kontruksi, agar nantinya para tukang yang ada di Kota Serang memiliki keahlian sesuai sertifikasinya. Ada pula pengarahan pada jaminan kesehatan yang harus dimiliki para tukang.

“Nanti titik simpulnya ada pada penyedia jasa. Para penyedia jasa mampu memberikan layanan sertifikasi dan jaminan kesehatan guna menjamin segala resiko yang terjadi,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan saat ini memang jaminan terhadap tukang sendiri masih jarang. Apabila terpaku pada undang-undang yang berlaku semua jaminan terhadap pekerjaan harus dipenuhi.

“Kami berupaya bagaimana caranya agar semua tukang mendapatkan jaminan ditempat kerjanya,” paparnya.

Untuk saat ini, sosialisasi K3 dan SMK3 diberikan kepada kelurahan yang ada di Kota Serang dari empat kecamatan. Dimana ada perwakilan tukang setiap kelurahan tersebut.

“Sosialisasi dilakukan pada setiap kelurahan, dikarenakan kelurahan merupakan ujung tombak masyarakat. Sekalipun demikian dengan adanya perwakilan tukang agar dapat menceritakan pada rekan-rekannya di lapangan,” pungkasnya. (fj/yd/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.