Realisasikan ‘UMKM Bisa’, Bupati Serang Resmikan Teras Pendopo

SERANG,jejakbanten.com – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meresmikan gerai Teras Pendopo sebagai sentra produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) di halaman Pendopo Bupati Serang, Kamis (16/12/2021). Gerai ini merupakan bagian dari realisasi tagline ‘UMKM Bisa’ yang menjadi gerakkan untuk memajukan produk-produk masyarakat.

“Kita punya tagline UMKM Bisa. Akronim ‘Bisa’ dari kata bela, beli, sejahtera. Artinya, untuk memajukan UMKM harus dimulai dari kita dan membela dengan melakukan pembinaan. Kami harus membeli produknya dan kita harus capai kesejahteraan untuk para pelaku usaha,” ujar Tatu kepada wartawan.

Berbagai produk UMKM dipamerkan dalam peresmian Teras Pendopo. Bahkan Tatu meminta para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang hadir untuk membeli langsung. Tak lupa, di gerai Teras Pendopo, ia secara sukarela menjadi barista dan meracik minuman untuk Sekda Tb Entus Mahmud dan para kepala OPD.

Teras Pendopo didirikan atas kerja sama Diskoperindag Kabupaten Serang dengan Graha Kreatif dan Koperasi Senyum Nusantara. Gerai itu setiap hari akan menyajikan kopi lokal dan produk-produk UMKM dari masyarakat Kabupaten Serang. “Semoga Teras Pendopo tersebut bermakna bagi peningkatan UMKM di Kabupaten Serang,” ujarnya.

Sebelum peresmian Teras Pendopo, dia bersama Kepala Bank bjb KCK Banten Budiatmo Sudradjat dan Sekda Tb Entus Mahmud memberikan bantuan modal sebesar Rp 743 juta untuk 140 pelaku UMKM. Sokongan CSR Bank bjb ini diserahkan kepada penerima di Tennis Indoor Setda Pemkab Serang.

Dirinya menyampaikan terima kasih dan kebanggaan atas kerjasama Bank bjb, Graha Kreatif, Hipmikindo dan Koperasi Senyum Nusantara. “Saya optimis Teras Pendopo bisa membantu pemasaran produk UMKM. Percepatan pemulihan ekonomi sekarang harus dimulai dari sektor UMKM. Tahun 2022, kita canangkan sebagai tahun kebangkitan UMKM,” tegasnya.

Sementara Founder Graha Kreatif, Johani Fauzi mengapresiasi gerakkan kemajuan kesejahteraan masyarakat melalui tagline ‘UMKM Bisa’. Menurutnya, Pemkab Serang menyambut dan mendukung salah satu ikhtiar untuk improvisasi mencari pasar bagi UMKM. “Itu keren banget. Semoga ikhtiar melalui Teras Pendopo sebagai sentra UMKM, menjadi pemicu untuk merealisasikan mimpi-mimpi pelaku UMKM untuk naik kelas dan sejahtera,” tuturnya.

Teras Pendopo akan hadir setiap hari. Menyuguhkan aneka kopi lokal dari Kabupaten Serang dan memasarkan produk-produk UMKM dari 29 kecamatan. Konsep Gerai dibuat kekinian dan akan disediakan akustik pada pekan tertentu. Bukan hanya itu, sistem pembayaran akan menggunakan digitalisasi atas kerja sama Koperasi Senyum Nusantara dengan Bank bjb.(ar/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.