Atasi Ketahanan Pangan, Pemkot Serang Akan Bangun Industri Pertanian di Sawah Luhur

SERANG, jejakbanten.com – Guna mengatasi dan menjaga stabilitas ketahanan pangan, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melalui Dinas Pertanian, perikanan dan peternakan Kota Serang. Akan membangun kawasan industri pertanian yang bertempat di Kelurahan Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian, perikanan dan peternakan Kota Serang, Sony August kepada wartawan jejakbanten.com, Kamis (23/12/2021).

“Untuk pertanian Kami akan bangun di Kelurahan Sawah Luhur,” ucapnya.

Kawasan pertanian yang akan dibangun di Kelurahan Sawah Luhur bentuknya kawasan industri. Luas kawasan tersebut 412 hektar merupakan aset Pemkot Serang.

“Kawasan tersebut akan menjadi Agroindustri pertanian,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan kawasan tersebut akan dijadikan etalase pertanian terpadu, dimana tujuannya peningkatan kualitas produksi dan kemandirian pangan untuk Kota Serang.

“Kemandirian pangan menjadi tujuannya yang akan dilakukan di kawasan Sawah Luhur,” katanya.

Kemudian, Ia menjelaskan untuk merealisasikan rencana tersebut, pihaknya terlebih dahulu memikirkan perbaikan dari hulunya dahulu seperti inspektur.

“Ya itu rencana yang akan dilakukan. Tetapi, kami akan perbaiki hulunya salah satunya inspektur taninya, nanti puncaknya hilir yaitu industri pertanian,” jelasnya.

Tidak hanya industri pertanian yang akan dibangun, dalam menjaga ketahanan pangan motornya ada tiga diantaranya, pertanian, peternakan dan perikanan.

“Tiga langkah ini yang akan dilakukan, untuk mengatasi ketahanan pangan di Kota Serang,” bebernya.

Kedepan, Ia mengungkapkan tidak hanya pertanian saja yang akan dibangun, ada dua program lagi yang akan dilakukan seperti peternakan dan perikanan.

“Kemungkinan untuk peternakan akan dibuat peternakan domba bentuk kampung domba untuk lokasi kami masih mencari-cari yang sesuai. Sedangkan untuk perikanan akan menjadi bahan benih percontohan,” tandasnya. (fj/yd/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.