Perlu Renovasi Ruang Kelas, SDN Karang Tumaritis Berharap Adanya Bantuan

SERANG, jejakbanten.com – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Karang Tumaritis Kecamatan Serang, Kota Serang berharap adanya bantuan sarana prasarana (sarpras) untuk sekolahnya. Lantaran ada beberapa kerusakan, terutama pada ruang kelas.

Kepala SDN Karang Tumaritis, Enung Kurniasih menyampaikan kondisi sekolah yang mengalami banyak kerusakan terutama pada bagian ruang kelas. Ada tiga ruang kelas yang memang memiliki kerusakan cukup parah.

“Ada tiga kelas yang kerusakannya lumayan berat. Tetapi dari tiga ada satu kelas yang terpaksa kami pakai untuk kelas empat, dua kelasnya sudah tidak bisa digunakan lagi,” ucapnya.

Kerusakan tersebut dapat terlihat dengan jelas, seperti bagian pintu yang sudah tidak kedapatan pintunya, atap plafon yang bolong-bolong, kusen yang mulai keropos, kursi dan bangku sudah tidak berfungsi lagi pada semestinya, apabila hujan mengalami kebocoran sudah berkali-kali atap genteng diperbaiki tapi masih saja bocor apabila hujan.

“Banyak sekali kerusakan yang harus diperbaiki, kami sebenarnya tidak mampu kalau untuk memperbaiki sendiri. Saat ini hanya bisa berharap adanya bantuan untuk renovasi dan perbaikan sarpras SDN Karang Tumaritis,” imbuhnya.

Adapun upaya atau usaha yang telah dilakukan, Enung mengatakan pihaknya sudah melakukan upaya seperti mengajukan proposal bantuan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang, pada tahun 2018 yang lalu.”Pengajuan sudah kami lakukan. Pernah ditahun 2020 sempat ada yang survei ke sekolah tetapi sampai saat ini belum ada tindak lanjut lagi,” ujarnya.

Tambah Enung, bicara sarpras memang setiap sekolah pasti mempunyai kebutuhan masing-masing, adapun SDN Karang Tumaritis mengharapkan yang memang menjadi urgensi pada saat ini seperti, renovasi ruang kelas dan peningkatan sarpras penunjang yang lain.

“Sarpras sebagai penunjang pembelajaran siswa di sekolah agar anak-anak lebih merasa aman dan nyaman saat belajar,” jelasnya.

Pihaknya berharap, dengan kondisi yang ada semoga dapat ditinjau dan ditindaklanjuti agar sarpras SDN Karang Tumaritis bisa dipergunakan sebagaimana  mestinya untuk keberlangsungan siswa menimba ilmu di sekolah.

“Mudah-mudahan kami berharap adanya bantuan datang  dari pihak pemerintah ataupun swasta untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang dimulai dari fasilitas,” harapnya.

Sedangkan, salah satu guru SDN Karang Tumaritis, Suparti mengungkapkan dirinya sudah 20 tahunan mengajar di SDN Karang Tumaritis. Bila bicara peningkatan sarpras memang sekarang ini lebih baik kalau dibandingkan 20 tahun yang lalu.

Tetapi, kalau untuk saat ini bila dilihat kondisi sekolah sekarang memang perlu adanya perbaikan.”Saya sebagai seorang guru harus tetap profesional, melihat kekurangan fasilitas ruang kelas yang sudah tidak layak saya harus tetap bisa mengajar dan menjalani kewajiban saya sebagai guru memberikan pembelajaran kepada anak-anak,” tuturnya.

Memang bila kita meminta bantuan harus benar bersabar. Karena tidak hanya SDN Karang Tumaritis saja yang memerlukan bantuan banyak sekolah-sekolah yang lain juga perlu bantuan.

“Kami tetap berharap dan bersabar untuk menunggu bantuan. Dari pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Serang maupun dinas terkait dalam hal ini Dindikbud Kota Serang,” pungkasnya. (fj/bs/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.