Gelar Coffee Morning, Subadri Ushuludin Bahas Literasi dan Sejarah Kota Serang

SERANG, jejakbanten.com – Coffee morning ala Subadri Ushuludin membahas pembangunan dunia literasi dan mengenal lebih jauh sejarah Kota Serang.

Turut hadir juga dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK), Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Serang, Perwakilan DPK Provinsi Banten, Duta Baca Indonesia dan tamu undangan lainnya. 

Wakil Wali Kota Serang, H. Subadri Ushuludin, menyampaikan dalam kesempatan coffee morning yang diselenggarakan DPK Kota Serang, yang bertempat di gedung Juang 45 Kota Serang. Ia menyampaikan dalam kegiatan tersebut dibalut dengan beberapa pembahasan seperti sejarah Kota Serang, ada kaitannya juga dengan Gedung Juang 45 yang telah rampungnya revitalisasi.

“Dalam Cofee morning ini juga membahas tentang Gedung Juang. Yang barang tentu akan ditindaklanjuti oleh DPK akan seperti apa Gedung Juang 45 ini setelah dilakukannya revitalisasi,” ucap Subadri Ushuludin, seusai coffee morning yang berlokasi di Gedung Juang 45. Senin (17/1/2022).

Lebih lanjut, Subadri mengatakan selain membahas tentang sejarah yang ada si Kota Serang, coffee morning ini juga membicarakan bagaimana perkembangan dunia literasi di Kota Serang terhadap tumbuh kembangnya minta baca masyarakat Kota Serang.

Dirinya, berkeyakinan pengembangan literasi di Kota Serang bisa maju apabila dibarengi dengan ikhtiar.”Tidak ada yang mustahil, adanya mustahil bila tidak mau memulai. Ini sebenarnya sudah dimulai tinggal adanya sinergi dari semua,” imbuhnya.

Subadri menegaskan, pertumbuhan minat baca di Kota Serang dapat semakin berkembang apabila dinas terkait saling berkerjasama, terlebih Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud), DPK dan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kota Serang.

Selanjutnya, Subadri berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan minimal tiga bulan sekali. Diskusi yang membicarakan persoalan Kota Serang untuk lebih baik kedepannya

“Saya berharap kegiatan diskusi semacam ini terus dilestarikan untuk membangun Kota Serang jauh lebih baik,” paparnya.

Sementara itu, Kepala DPK Kota Serang, Wahyu Nurjamil mengaku pihaknya baru 2022 ini akan melakukan kajian indeks baca masyarakat. Karena dua tahun terakhir pihaknya fokus pada peningkatan sarana dan pra sarana. 

“Fasilitas yang sudah Kita miliki e-pusda, pojok baca dan Gedung Perpustakaan bisa digunakan Agustus 2022 nantinya terdapat perpustakaan umum dan anak, Internet gratis juga tersedia. Semua itu bisa dinikmati oleh masyarakat umum khususnya masyarakat Kota Serang,” katanya. 

Wahyu mengaku ke depan pihaknya akan terus berinovasi merealisasikan program untuk mendorong minat baca masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan sudah tersedianya fasilitas tersebut mampu meningkatkan minat baca di Kota Serang,” terangnya.

Sementara itu, Kabid Deposit Layanan dan Kerjasama Perpustakaan, DPK Provinsi Banten, Evi Saefudin menilai Perpusatkaan Kota Serang memiliki akselerasi cukup bagus dalam pembangunan di Banten. 

“Mudah-mudahan ke depan ini mampu memberikan inspirasi bagi masyarakatnya untuk terus berkembang,” katanya.

Menurutnya, seyogyanya tugas pemerintah adalah memfasilitasi kepentingan warganya, maka segala yang disediakan akan memberi makna jika bermanfaat bagi warga Kota Serang. 

“Kami tentu mendukung langkah yang dilakukan DPK Kota Serang dalam mendorong minat baca masyarakat,” tutupnya. (fj/yd/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.