Bupati Beri Semangat, Vaksinasi Anak di Kabupaten Serang Dimulai

SERANG,jejakbanten.com – Pelaksanaan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Serang telah dimulai Senin (17/1/2022). Ditargetkan selama sebulan ke depan, sebanyak 166.999 anak mendapatkan pelayanan vaksinasi tersebut.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memberikan semangat kepada para siswa yang tengah divaksin, tahun di SDN Ciruas 1. “Alhamdulillah, sudah dimulai vaksin anak di Kabupaten Serang. Kami sudah memenuhi syarat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan diperbolehkan memulai vaksinasi anak,” kata Tatu kepada wartawan.

Ketentuan yang diajukan Kemenkes untuk daerah yang boleh memulai vaksin anak dan booster, yakni yang telah mencapai 70 persen vaksinasi dosis satu dan 60 persen vaksin lansia. Atas sinergi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), realisasi vaksinasi ini sudah tercapai di Kabupaten Serang.

Tatu mengungkapkan, dari data Kemenkes, total bidikan vaksin anak di Kabupaten Serang sebanyak 166. 999 jiwa. “Target kami, satu bulan bisa selesai, 200 anak per hari. Vaksinasi anak saya rasa lebih mudah, karena anak-anak Kabupaten Serang juga sudah pembelajaran tatap muka. Sudah masuk sekolah, jadi untuk dikondisikan jadi lebih mudah,” ujarnya.

Lalu, perangkat sekolah hingga guru pun bisa membantu mempersiapkan dan ikut melaksanakan vaksin guna para siswa. “Mudah-mudahan target satu bulan untuk vaksinasi anak tersebut bisa selesai,” ucapnya.

Turut mendampingi Kapolres Serang AKBP Yudha Satria, Dandim 0602/Serang Kolonel Inf Susilo, Asisten Daerah (Asda) I Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang Nanang Supriatna, Kepala Dinas Pendidikan (Kadinkes) Agus Sukmayadi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya, dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Anas Dwi Satya Prasadya.

“Kemudian di Kabupaten Serang pun sudah diizinkan vaksinasi booster untuk masyarakat umum. Kami akan memfokuskan kerja sama dengan TNI-Polri, dengan pak Kapolres dan pak Dandim untuk menggarap 29 kecamatan. Kemudian vaksin dosis satu dan dua juga sekalian turun untuk dilanjutkan. Insya Allah lancar dan bisa,” tegasnya.

Kepala Dinkes Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi menambahkan, pencanangan vaksinasi anak dilaksanakan di SDN Ciruas 1 dan Madrasah Ibtidaiyah 3 Kopo yang bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Serang. Sebelumnya, persiapan sudah dilakukan pada rapat bersama Forkopimda, Jumat (14/1/2022) dan sosialisasi di kecamatan kepada unsur kepala sekolah dan pengawas pada Sabtu (15/1/2022).

Dia menegaskan, setiap anak yang akan divaksinasi dilakukan skrining terlebih dahulu untuk memastikan layak atau belum mendapatkan vaksin. “Jika ada kontraindikasi, tentu ditunda vaksinasinya. Orang tua anak pun diajak komunikasi oleh guru, dipantau oleh puskesmas dan Dinkes. Mudah-mudahan target vaksin anak ini sebulan selesai,” tutupnya.(ar/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.