Melalui PKKS, SDN Cilampang Optimis Mampu Tingkatkan Kualitas Pendidikan

SERANG, jejakbanten.com – Melalui Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS), Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cilampang optimistis mampu meningkatkan kualitas pendidikan.

Kepala SDN Cilampang, Usnawatun Hasanah menyampaikan dalam mengahadapi PKKS yang merupakan bentuk laporan tahunan sekolah, pihaknya terlebih dahulu melakukan pembinaan atau peningkatan mutu dari guru maupun warga sekolah.

“Pembentukan mutu itu dimukai melalui administrasi guru, dilakukan penilaian seperti administrasi kelas dan pada akhir semester ada administrasi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sekaligus dengan bagaimana guru tersebut mengajar. Seperti halnya Supervisi guru,” terangnya, seusai kegiatan PKKS di SDN Cilampang, Selasa (25/1/2022).

Lebih lanjut, Usnawatun mengatakan selain dari pemenuhan administrasi sekolah, pihak sekolah juga sering mendapatkan prestasi-prestasi yang membanggakan. Seperti pada 2021 ada dua penghargaan yang didapat. Satu, lomba Sekolah Dasar Bersih dan Sehat (SDBS) dan meraih penghargaan Adiwiyata tingkat Kota Serang.

“Dalam meraih prestasi Kami terbilang tidak absen, ada saja setiap tahunnya. Alhamdulillah juga di tahun ini Kami menjadi nominasi Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Banten yang sebelum di tingkat kota. Tidak lupa juga dengan prestasi siswa pada non akademik seperti karakter pernah menjadi juara dua dan pencak silat harapan satu di tingkat Kota Serang,” paparnya.

Masih kata Usnawatun, posisinya sebagai kepala sekolah sekarang ini berbeda dengan yang dulu, mungkin dulu itu kepala sekolah masih mengajar, tetapi sekarang kepala sekolah lebih difokuskan pada managerial, seperti halnya memantau dan membina.

“Sekarang ini kepala sekolah dituntut mampu mengayomi guru, siswa selebihnya warga sekolah yang masih ada kaitannya dengan sekolah tersebut,” katanya.

Jadi, dapat dikatakan apapun yang terjadi di sekolah yang kaitannya dengan kelembagaan itu merupakan tanggungjawab kepala sekolah. “Memang jadi kepala sekolah berat sekali. Tetapi, itu sudah menjadi kewajiban dan bentuk pengabdian harus dijalani,” tegasnya.

Terakhir, pihaknya berharap setelah dilakukannya PKKS dapat lebih baik lagi dalam peningkatan kualitas guru, siswa lebih luasnya pendidikan di SDN Cilampang.

“Semoga terus terbangun kinerja dengan baik agar peningkatan kualitas pendidikan terus meningkat di SDN Cilampang,”  harapnya.

Sementara itu, salah satu Pengawas dari Kecamatan Serang, Subhi mengatakan maksud dari PKKS merupakan hasil perjalanan sekolah dari bulan Januari hingga bulan Desember selama satu tahun.
Dan tujuan dari PKKS ini untuk meningkatkan kinerja kepala sekolah dan guru.

“Jadi ini dimaksudkan ada atau tidaknya perubahan yang tergantung dari penilaian administrasi dan lain sebagainya,” katanya.

Adapun komponen penilaian PKKS sendiri ada enam. Seperti Kepribadian dan Sosial, kepemimpinan, pengembangan sekolah, pengelolaan sumber daya, kewirausahaan dan supervisi. “Dari enam komponen tersebut yang nantinya ada indikator-indikator yang terbagi tujuannya kepada peningkatan dan evaluasi satu tahun,” tutupnya. (fj/bs/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.