Sempat Tertinggal 0-1, Timnas Sukses Comeback 4-1 atas Timor Leste

BALI, jejakbanten.com – Meski tertinggal lebih dahulu, Tim Nasional (Timnas) Indonesia berhasil menang besar atas Timor Leste pada laga FIFA Matchday di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Kamis (27/01/2021). Evan Dimas dan kawan-kawan menang 4-1.

Garuda Muda tampil menyerang sejak awal pertandingan, beberapa peluang tercipta seperti yang dilansir bola.okezone.com.

Namun, peluang berbahaya baru tercipta saat laga berjalan 10 menit lewat Edo Febriansyah. Sayangnya, tendangan melengkung, yang dilesatkannya dari luar kotak penalti, bisa diamankan oleh De Castro Pereira.

Lima menit berselang, gantian Irfan Jaya yang mengancam gawang Timor Leste. Dia menari di kotak penalti lawan sebelum melepaskan tendangan mendatar yang masih menyamping tipis di kiri gawang.

Kemudian, pada menit 21 satu peluang emas didapat oleh Dedik Setiawan setelah dia menerima umpan dari lemparan ke dalam Sani Rizki. Akan tetapi, sepakannya dari sudut sempit masih membentur mistar gawang.

Enam menit kemudian, Dedik kembali mendapatkan peluang emas lewat umpan silang yang dikirimkan Ricky Kambuaya. Sayang, pemain Arema FC itu tidak dapat menjangkau bola dengan baik meski sudah berdiri bebas di depan gawang.

Setelah itu, Timor Leste tampil lebih baik. Mereka sesekali melancarkan serangan balik yang cukup membuat lini belakang pasukan Garuda ketar-ketir.

Bahkan, mereka mampu menggetarkan gawang Indonesia pada menit 35. Adalah Paulo Freitas yang menjadi pencetak gol dengan tendangan cungkilnya.

Pada menit 44, Timor Leste mendapatkan hadiah penalti setelah Paulo Freitas dijegal Syahrul Fadil di kotak terlarang. Sayangnya, Mouzinho, yang ditunjuk sebagai algojo, gagal melakukan tugasnya dengan baik.

Bola, yang dieksekusinya, berhasil dihalau Syahrul. Alhasil, skor 1-0 untuk Timor Leste bertahan hingga babak pertama usai.

Sejak babak kedua dimulai, Indonesia langsung menekan Timor Leste. Berbagai upaya dilakukan oleh para pemain Skuad Garuda untuk membobol gawang Timor Leste.

Upaya Indonesia pun membuahkan gol pada menit ke-64. Gol tercipta setelah kerja sama Evan Dimas dan Ronaldo Kwateh diakhiri oleh Ricky Kambuaya dengan tendangan kerasnya.

Usai kedudukan imbang, Indonesia tanpa lelah menggempur pertahanan Timor Leste. Peluang mencetak gol tercipta pada menit ke-71 saat Gumario melakukan handsball di kotak terlarang Timor Leste.

Pratama Arhan, yang menjadi algojo, pun mencetak gol dari titik putih pada menit ke-72. Indonesia pun berbalik unggul 2-1 atas Timor Leste.

Selang tiga menit kemudian, Arhan kembali menjadi momok bagi Timor Leste. Lemparan ke dalam jarak jauhnya salah diantisipasi kiper Timor Leste sehingga bola pun masuk ke gawang sendiri. Indonesia kini unggul 3-1.

Blunder kembali terjadi di kotak terlarang Timor Leste pada menit ke-79. Gol bunuh diri kembali terjadi setelah umpan lambung Arhan salah diantisipasi sehingga Skuad Garuda menjauh 4-1. Akhirnya, Timnas Indonesia pun menang telak 4-1 meski tertinggal lebih dulu. (bs/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.