Petani Kabupaten Serang Makin Canggih, Dikenalkan Teknologi Drone

SERANG,jejakbanten.com – Para petani di Kabupaten Serang mulai dibuat melek dengan teknologi. Di mana Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Agro Serang Berkah (ASB) mulai memperkenalkan penyemprotan pupuk memakai pesawat tanpa awak atau drone.

Direktur Utama (Dirut) PT ASB, Neneng Sri Hastuti Handayani mengatakan, para petani harus mengikuti perkembangan zaman. Sekarang, petani sudah bisa menggunakan drone untuk memberikan pupuk cair terhadap tanaman mereka.

“Kami juga telah membangun kerja sama dengan PT Indoraya Mitra Persada (IMP) terkait dengan penggunaan drone ini,” ucapnya.

Ia menerangkan, telah memberikan edukasi kepada petani terkait penyemprotan pupuk yang menggunakan drone. “Pemupukan dengan menggunakan drone sudah terlihat titik koordinat tanaman yang akan diberi pupuk termasuk kebutuhannya,” ujarnya.

Dia memaparkan, pemberian pupuk dengan drone memiliki beberapa keunggulan. Yang pertama hasil pemupukan lebih merata dan kedua lebih hemat waktu jika dibandingkan dengan pemupukan menggunakan pompa.

“Kalau penyemprotan pupuk pakai pompa tidak merata sehingga hasil panennya kurang bagus dan banyak kosong jika itu tanaman padi,” jabarnya.

Dirinya mengungkapkan, PT IMP sendiri telah menurunkan beberapa drone ke Kabupaten Serang dan pihak PT ASB terus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada para petani. “Biaya sewanya satu hektare hanya Rp 150 ribu dan selesai dalam dua jam. Upaya yang kami lakukan untuk mempermudah petani,” jelasnya.(ar/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.