DPMPTSP Terus Berupaya Tingkatkan Realisasi Investasi 

SERANG,jejakbanten.com – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Serang pimpinan Syamsuddin, S.H, M.Si dan Sekretarisnya Ir. Edi Suhardiman, MM pada tahun 2022 ini terus berupaya untuk meningkatkan realisasi investasi. Pasalnya, selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. 

Salah satu contohnya pada tahun 2021. Target investasi di Kabupaten Serang sebesar Rp 5,4 triliun yang terdiri dari Penanaman Modal Asing (PMA) Rp 2,474 triliun dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Rp 2,972 triliun.

Hingga akhir tahun, capaian investasi terealisasi Rp 5,7 triliun. Raihan investasi Rp 5,7 triliun tersebut terdiri atas PMA Rp 3,294 triliun dan PMDN Rp 2,441 triliun. Artinya, jangkauannya melebihi dari apa yang sudah ditetapkan.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Serang, Syamsuddin, S.H, M.Si mengatakan, selama pandemi virus corona atau Covid-19, iklim investasi di Kabupaten Serang tidak pernah surut. Bahkan, gapaiannya selalu melebihi incaran yang sudah dicanangkan.

“Misi investasi kita selalu naik setiap tahunnya sebesar tiga persen dan selalu melebihinya,” ujarnya.

Nah, pada 2022,  DPMPTSP Kabupaten Serang membidik investasi sebanyak Rp 5,6 triliun. Dari PMA Rp 2,540 triliun dan PMDN Rp 3,060 triliun. “Kami optimis harapan investasi kembali melejit,” ucapnya.

Dikatakan Syamsuddin, banyak cara untuk menarik investor ke Kabupaten Serang. Salah satunya, dengan terus mempromosikan potensi wilayah mereka. Apalagi, banyak pembangunan strategis nasional yang dilakukan di Kabupaten Serang seperti pembangunan jalan tol Serang-Panimbang yang sekarang sudah beroperasi.

Pada tahun 2022, DPMPTSP Kabupaten Serang pun siap meningkatkan pelayanan. Seperti siap membantu para investor yang kesulitan mengakses Online Single Submission (OSS). Yakni, aplikasi yang disiapkan pemerintah pusat untuk memproses perizinan. “Kalau ada yang belum paham, kami siap membantu,” tuturnya.

Menurutnya, banyaknya investasi di Kabupaten Serang dapat berdampak baik pada perekonomian daerah. Terutama, dalam hal perekrutan tenaga kerja.(ar/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.