Pemudik di Terminal Pakupatan Diprediksi Meningkat Tahun Ini

SERANG, jejakbanten.com – Pemudik di Terminal Pakupatan Kota Serang diprediksi meningkat pada libur lebaran tahun ini. Sebab, tahun ini pemerintah membolehkan masyarakat untuk melaksanakan mudik lebaran.

Kepala Terminal Pakupatan Kota Serang Waluyo Dianto mengatakan, jumlah penumpang atau pemudik tahun ini dipastikan mengalami peningkatan.

“Pasti ada peningkatan, karena dari pemerintah juga sudah membuka akses untuk bisa mudik tahun ini,” katanya, Jumat 22/04/2022.

Namun, untuk saat ini jumlah penumpang baru meningkat sekitar 2 hingga 3 persen. Tetapi, kenaikan jumlah pemudik dipastikan melonjak pada H-3 lebaran Idulfitri 2022 ini.

“Biasanya peningkatan terjadi pada H-5 dan H-3. Ya sekitar tanggal 29 April. Namun saat ini baru terlihat dua sampai tiga persen,” ujarnya.

Namun, untuk pergi mudik, Waluyo menjelaskan, masyarakat diminta untuk memenuhi beberapa persyaratan. Seperti sudah melakukan vaksin Covid-19 baik dosis pertama, kedua, mau pun booster atau ketiga.

“Tapi bagi penumpang yang belum vaksin, kami sediakan posko vaksin gratis bersama Dinkes,” ucapnya.

Seorang calon penumpang jurusan Jawa Tengah, Tama mengatakan, dirinya sengaja melakukan perjalanan mudik lebih awal karena dikhawatirkan akan terjadi lonjakan besar.

“Makanya saya mudiknya sekarang, kalau dinanti-nanti takutnya keabisan, terus diperjalanan macet,” paparnya.

Dia mengaku sudah menerima suntikan vaksin sejak beberapa bulan lalu, namun untuk booster atau vaksin dosis ketiga belum bisa dilakukan.

“Sudah sampai (dosis) dua. Tapi kalau booster katanya belum bisa, karena baru dua bulan. Minimal itu katanya tiga bulan, tapi sudah boleh mudik,” jelasnya. (rk/yd/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.