Satpol PP Kota Serang Pastikan PKL Taat dan Jumlahnya Berkurang  

SERANG, jejakbanten.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Serang memastikan sebagian pedang kaki lima (PKL) di Kota Serang mulai menaati peraturan.

Bahkan jumlah PKL saat ini diklaim telah berkurang meski belum ada data pasti, namun di lapangan sebagian tidak lagi berjualan di tempat yang dilarang.

Kepala Satpol PP Kota Serang Kusna Ramdani mengatakan, saat ini pedagang kaki lima yang biasa mangkal di sejumlah titik trotoar dan bahu tidak ada lagi.

Padahal sewaktu ramadan hingga lebaran Idulfitri para PKL berjamur di pinggiran jalan dan fasilitas umum.

“Karena kan kalau waktu puasa itu momentnya tidak tepat. Mereka sedang mencari nafkah,” ujarnya, Ahad 22 Mei 2022.

Hal itu, kata dia, Satpol PP Kota Serang rutin melakukan patroli PKL dan dilakukan secara persuasif tanpa adanya tindakan arogan.

“Ya pendekatan dulu supaya tidak anarkis. Alhamdulillah sekarang sudah berkurang dan itu signifikan,” jelasnya.

Dia menjelaskan, Satpol PP Kota Serang menempatkan petugas ke sejumlah titik yang diduga menjadi tempat PKL mangkal.

“Kami tempatkan petugas supaya mereka juga jenuh, dan menaati peraturan pemerintah. Jadi kami monitor rutin saja, tidak kami garuk (gusur),” ujarnya.

Sementara itu seorang pengguna jalan asal Kota Serang Handayani mengatakan, apabila pemerintah benar-benar ingin melakukan penertiban setidaknya siapkan tempat untuk PKL.

“Soalnya kalau cuma menggusur tapi tidak ada solusi ya sama saja, justru mematikan usaha mereka. Harus ada solusi,” katanya. (rk/yd/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.