Tangsel Juara Umum Popda X Banten

SERANG,jejakbanten.com – Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sukses mencatat sejarah manis di ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda). Di mana mampu merengkuh titel juara untuk kelima kalinya.

Awalnya 2012, 2014, 2016, 2018 teranyar 2022. Berlaga di Kota Serang sejak 6 Juni sampai 11 Juni, Tangsel jadi kampiun usai mengumpulkan 59 medali emas, 44 medali perak dan 57 medali perunggu.

Capaian Tangsel tak mampu dikejar daerah lain. Saingan terdekat hanya datang dari Kota Tangerang 34 medali emas, 33 medali perak dan 40 medali perunggu. Lalu di posisi tiga bercokol kontingen Kota Cilegon dengan 26 medali emas, 23 medali perak dan medali perunggu.

Lima puluh sembilan emas Tangsel dipersembahkan cabang olahraga (cabor) renang (17 medali emas), panahan (16 medali emas), atletik (enam medali emas), tinju (empat medali emas), taekwondo (tiga medali emas), tenis lapangan (tiga medali emas), karate (tiga medali emas), bola voli pasir (dua medali emas), bola basket (dua medali emas), bulutangkis (satu medali emas), sepak takraw (satu medali emas) bola voli (satu medali emas).

Wakil Walikota Tangsel, Pilar Saga Ichsan mengatakan, atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang terlibat baik Sekretaris Daerah (Sekda), Dispora Tangsel, Dinas Pendidikan maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya yang telah membantu dan juga mensukseskan prestasi tersebut.

“Alhamdulillah juara umum kelima kali yang mampu diraih Tangsel,” papar Pilar saat ditemui usai penutupan Popda X Banten di Stadion Maulana Yusuf, Ciceri, Kota Serang pada Sabtu (11/6/2022).

Pilar juga mengakui, apa yang didapat merupakan buah kerja keras dan persiapan yang matang. “Ini bukti keseriusan dari semua elemen yg ada di pemerintahan kami dan pembinaan olahraga pelajar di Tangsel sudah berjalan secara berkesinambungan. Semoga ke depan bisa meraih prestasi lebih baik lagi. Kita setelah Popda mempersiapkan kontingen ke Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten di Kota Tangerang November nanti,” ucapnya.

Anak kandung Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah tersebut menyatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel melalui Dispora Tangsel akan segera menyiapkan bonus bagi peraih medali di Popda X Banten.

“Disiapkan yah oleh Dispora Tangsel. Untuk memacu semangat anak-anak. Saya titip pesan supaya para atlet terutama peraih medali emas untuk tetap giat berlatih. Kan mereka diplot akan membela Banten di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) tahun depan di Bangkabelitung,” ujarnya.(ar/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.