Kontingen Lebak Sukses Pertahankan Gelar Juara Peparpeda

SERANG,jejakbanten.com – Kontingen paralympia Kabupaten Lebak sukses mempertahankan gelar juara Pekan Paralympic Pelajar Daerah (Peparpeda). Kepastian ini didapat, usai mereka merajai ajang serupa yang berlangsung di Kota Serang pada 13 sampai 15 Juni 2022.

Dari data yang berhasil didapat, kontingen Kabupaten Lebak keluar sebagai pemenang di Peparpeda VII Banten usai mengoleksi 12 medali emas, sembilan medali perak dan lima medali perunggu.

Kabupaten Lebak hanya unggul tiga medali perak dari kontingen Kota Tangerang yang merupakan saingan terdekat.  Mereka mendapat 12 medali emas, enam medali perak dan lima perunggu. Posisi ketiga bercokol Kota Tangerang Selatan dengan raihan enam medali emas, enam medali perak dan enam medali perunggu.

Sedangkan tuan rumah berada di urutan keenam dengan torehan tiga medali emas, empat medali perak dan lima medali perunggu.

Penjabat Sekretaris Daerah Banten M Trenggono mengucapkan terima kasih pelaksanaan Peparpeda VII berlangsung dengan baik. “Dan semoga atlet yang didapat bisa membawa prestasi maksimal di event Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) tahun depan,” ucapnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Lebak, Asep Komar Hidayat mengaku gembira. “Alhamdulillah kami merengkuh titel kelima Peparpeda penuh dengan perjuangan. Kita hanya unggul medali perak saja dari Kota Tangerang yang jadi runner-up,” papar Asep.

Diakuinya, mempertahankan itu lebih sulit ketimbang meraih. “Kunci mempertahankan gelar karena anak-anak sungguh-sungguh dalam berlatih. Lebak pun memiliki cabang olahraga (cabor) unggulan yakni renang dan atletik, makanya bisa kampiun,” tuturnya.

Usai Peparpeda, Asep menyatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak sudah menyiapkan bonus untuk atlet. “Anggarannya Insya Allah ada namun untuk nominal belum bisa diberi tahu yang penting ada dan disesuaikan dengan kemampuan daerah,” jelasnya.

Sementara Wakil Walikota Serang, Subadri Ushuludin menyampaikan permohonan maaf bila selama jadi tuan rumah event Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) X Banten dan Peparpeda VII Banten banyak kekurangan.

“Kami sudah berjuang sekuat tenaga untuk jadi tuan rumah yang baik. Dan saya ucapkan juga selamat kepada atlet yang memang mendapat juara di Peparpeda tahun ini, semoga di masa yang akan datang terus berprestasi demi kemajuan olahraga Banten,” ujarnya.

Sekedar informasi, selain ditetapkan Kabupaten Lebak pemenang Peparpeda VII Banten, panitia juga mengumumkan peraih medali terbanyak di ajang tersebut dari atlet Kota Cilegon atas nama Aprilia Aida Syifa cabor renang tuna rungu yang mengoleksi tiga emas. Berikutnya Dini Cahyani dengan jumlah medali emas yang sama dari cabor atletik tuna rungu asal Kota Tangerang.(ar/jb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.