DaerahUtama

Al Muktabar Ajak Generasi Muda Gelorakan Musik dangdut Indonesia

SERANG, jejakbanten.com – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengajak generasi muda untuk terus menggelorakan musik dangdut Indonesia.

Sebab dangdut merupakan warisan yang harus diteruskan untuk mewarnai musik Indonesia.

Hal itu diungkapkan saat memberikan sambutan dalam acara Musyawarah Nasional (Munas) Persatuan Artis Musik Melayu Dangdut Indonesia (PAMMI) ke V di hotel Le Dian, Kota Serang, Kamis (1/9) malam.

Turut hadir Ketua Umum PAMMI Rhoma Iraha, Ketua DPD PAMMI Banten Subadi Ushuludin, hingga perwakilan 28 DPD, anggota dari luar negeri, ratusan tamu undangan lainnya.

“Ini tetap harus jaga dan kembangkan karena ini warisan yang harus diteruskan untuk mewarnai musik Indonesia, PAMMI petakan jalan itu sehingga generasi muda akan terus menyuarakan musik dangdut Indonesia,” katanya.

Ia menuturkan, berdasarkan berbagai literatur mereferensikan musik dangdut Indonesia adalah musik yang telah mewarnai peradaban dunia.

Bahkan musik dangdut diakui oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

“Kita bisa lihat bahwa misu dangdut yang dituliskan oleh pak Rhoma Irama mengandung filosofi yang bisa menginspirasi orang dan lembaga dalam rangka menuju tatanan yang lebih baik, secara individu maupun organisasi,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Umum PAMMI Rhoma Irama mengatakan, keberadaan PAMMI memiliki cita-cita untuk memagari bangsa Indonesia dari penetrasi kultural, dimana banyak nilai budaya yang tidak lagi sesuai dengan Pancasila.

“Ini harus jadi filter, termasuk aspek budaya dan musik, musik punya daya hancur dalam sebuah peradaban atau bangsa, tapi sebaliknya bisa juga jadi daya bangun,” katanya.

Maka dari itu, PAMMI bertekad untuk bermusik dengan akhlak mulia. Hal ini juga dibuktikan dengan dengan telah berkontribusinya dalam membangun bangsa terutama dalam bidang kebudayaan.

“Sampai berbagai lirik saya sampaikan, sampai diundang Amerika Serikat, dunia barat ternyata punya perhatian terhadap efek musik terhadap satu pembangunan moral,” terangnya.

Ketua DPD PAMMI Banten, Subadri Ushuludin mengatakan, Munas PAMMI ke V ditutup dengan konser dari artis ibu kota, mulai dari Rhoma Irama, Jaja Miharja, dan puluhan artis lainnya.

“Mohon doa semuanya, acara Munas kelima akan kita tutup dengan konser. Kita sadari kasihan masyarakat selama dua setengah tahun tidak ada aktivitas,” ujarnya.

“Maka saking cintanya kepada masyarakat kita akan menghibur dengan musik, mudah-mudahan imun kita juga naik dan tidak ada yang sakit lagi,” paparnya. (rk/yd/jb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *