DaerahUtama

Tekan Angka Stunting, DP3AKB Kota Serang Beri Pelatihan Kader Posyandu

SERANG, jejakbanten.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang akan memberikan pelatihan kepada seluruh kader Posyandu untuk memperdalam pengetahuan tentang penanganan stunting dan gizi buruk.

Hal itu dilakukan untuk tindak lanjut penurunan angka stunting sesuai dengan program Pemerintah Pusat.

Kepala Dinas Selanjutnya Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Serang, Anthon Gunawan mengungkapkan, sebagian kader Posyandu belum memiliki pengetahuan serta pemahaman yang cukup dalam mengenai penanganan stunting.

Maka, pihaknya akan memberikan pelatihan dan edukasi secara mendalam sebagai upaya penurunan angka stunting di wilayah Kota Serang. “Nanti kami akan edukasi dan beri pelatihan lagi supaya lebih paham cara penanganannya,” katanya, Selasa 21/2/2023.

DP3AKB Kota Serang akan memberikan pelatihan tentang kesehatan lingkungan dan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang.

“Kalau dinkes itu nanti tugasnya untuk memberikan pemahaman tentang kesehatan masyarakat dan peningkatan kualitas dan keterampilan para kader,” jelasnya.

Apalagi, tahun ini DP3AKB Kota Serang akan mendapatkan bantuan antropimetri atau alat pengukur berat badan dan tinggi badan bayi.

“Karena alat itu harus ada di posyandu dan itu wajib ada. Kota Serang alatnya baru akan datang nanti, dan kami akan melakukan pelatihan para kader,” ujarnya.

Dengan adanya alat itu pengukuran pun akan lebih akurat, karena Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) melihat angka prevalensi stunting dari pengukuran tersebut.

“Karena Kota Serang tidak ada alat itu, maka angkanya tinggi, karena memang setengah dari posyandu kami tidak memiliki alatnya,” tuturnya.

Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin mengatakan, Pemkot Serang terus berupaya dalam penanganan stunting. Namun, untuk menurunkannya dibutuhkan kerja sama oleh setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Juga masyarakat, semua berperan penting dalam penurunan angka stunting,” katanya. (rk/yd/jb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *