DaerahUtama

Untuk Tingkatkan IPM, Masyarakat Diminta Rampung Pendidikan Setara SD

SERANG, jejakbanten.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang meminta masyarakat Kota Serang untuk dapat merampungkan pendidikan setara Sekolah Dasar (SD). Bahkan, bagi masyarakat yang belum memiliki ijazah SD, didorong untuk melanjutkan pendidikan Paket A.

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kota Madani sebagai Ibu Kota Provinsi Banten. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dindikbud Kota Serang Wasis Dewanto, Minggu (13/9/2020).

“Kami mendorong masyarakat untuk melanjutkan pendidikan Paket A, karena itu sangat penting untuk meningkatkan IPM di Kota Serang. Selama penduduk di Kota Serang tidak bersekolah, maka masyarakat tersebut akan menyumbang rata-rata lama sekolah yang rendah, artinya baru 8,3 tahun atau setingkat SMP,” kata Wasis.

Ia mengatakan, dengan masyarakat menyelesaikan pendidikan setara SD, artinya masyarakat sudah membantu meningkatkan rata-rata lama sekolah.

“Kami melihat seperti masyarakat yang tidak menyelesaikan sekolah selama 6 tahun, atau setingkat SD. Kemudian mereka mengikuti ujian bisa lulus SD, artinya¬† masyarakat tersebut berpendidikan¬† 6 tahun. Kalau banyak masyarakat yang berpendidikan 6 tahun, itu dapat meningkatkan rata-rata lama sekolah, serta bisa meningkatkan indeks pembangunan manusia,” ujarnya. (yd/jb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *