DaerahUtama

2023, Pemkot Serang Fokus Penanganan dan Antisipasi Banjir

SERANG, jejakbanten.com – Pemerintah Kota Serang (Pemkot) Serang tahun ini akan memfokuskan penanganan dan antisipasi banjir. Mulai dari pelaksanaan normalisasi anak sungai hingga beberapa program lainnya, seperti pembangunan embun di wilayah perumahan Widya Asri Kota Serang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Serang, Iwan Sunardi mengatakan, sejak tahun 2022 pihaknya mulai melakukan penanganan kebencanaan banjir di wilayah Kota Serang.

Seperti melakukan normalisasi sungai dan irigasi, hingga koordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau, Cidurian dan Ciujung (BBWSC) 3 Banten.

“Termasuk Pemerintah Provinsi Banten yang memiliki kewenangan di beberapa titik penyebab banjir. Karena sungai cibanten itu kan kewenangannya ada di provinsi, kalau Kota itu anak sungainya dan saluran irigasi,” katanya, Selasa 10/1/2023.

Untuk tahun 2023, kata Iwan, Pemkot Serang akan lebih memfokuskan untuk penanganan dan antisipasi banjir. Belajar dari kejadian banjir besar pada awal Maret 2022 lalu yang sebagian wilayah Kota Serang terendam banjir.

“Makanya tahun ini akan kami fokuskan lebih lagi. Supaya kejadian tahun lalu tidak terjadi lagi di Kota Serang, sesuai arahan dari pimpinan juga,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Serang, Subadri Ushuludin mengatakan, belajar dari pengalaman tahun lalu Pemkot Serang akan lebih memprioritaskan penanganan banjir.

“Namanya bencana dan musibah kan kita tidak pernah ada yang tau. Tapi sebagai manusia dan pemerintah, kami berupaya untuk antisipasi,” jelasnya.

Misalnya dengan cara normalisasi dan imbauan serta sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. apalagi di saluran-saluran air yang dapat menyebabkan penyumbatan dan sedimentasi.

“Akibatnya banjir. Kebersihan itu kan sebagian dari iman, dan kita sebagai umat muslim harus bisa menjaga kebersihan. Jangan ada lagi yang membuang sampah sembarangan, karena dampaknya luas,” katanya. (rk/yd/jb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *