DaerahUtama

Bawaslu Ingatkan Bacaleg Tidak Kampanye di Media Sosial

SERANG, jejakbanten.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Serang mengingatkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) untuk tidak terburu-buru melakukan kampanye di media sosial.

Mengingat masa kampanye belum diperbolehkan untuk saat ini sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Ketua Bawaslu Kota Serang, Agus Aan Hermawan mengimbau bacaleg untuk tidak mencuri ‘start’ kampanye di media sosial.

Terkhusus menyebarkan ujaran kebencian kepada lawan politiknya di media sosial. Sebab, hal itu menyalahi aturan dan dapat terancam undang-undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Jangan sampai kebablasan, apalagi menyebarkan ujaran kebencian untuk menyerang lawannya melalui media sosial. Makanya, kita imbau bacaleg, karena bisa dijerat UU ITE, termasuk masyarakat,” katanya, Selasa 17/10/2023.

Bawaslu Kota Serang juga menjelaskan, jika satu calon legislatif hanya diperbolehkan memiliki maksimal 12 akun media sosial dan terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Terdaftar di KPU secara resmi itu masuk sebagai akun resmi, maksimal 12 akun,” jelasnya.

Nantinya, apabila ada akun yang tidak terdaftar, pihaknya akan melakukan analisis dan mencari tau apakah itu milik perseorangan atau pun kelompok.

“Kita akan pantau untuk mengetahui apakah itu melanggar undang-undang seperti menyebarkan kebencian atau seperti apa,” paparnya.

Komisioner Bawaslu Kota Serang, Fierly Murdlyat Mabrurri mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan analisis terkait pemasangan iklan yang dilakukan bacaleg di media massa dan media sosial.

“Masih kita pantau, Bawaslu sedang melakukan analisis maraknya pemasangan iklan di media massa,” katanya. (rk/yd/jb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *